Alergi Penyakit

Obat Herbal Alergi

Obat alergi herbal ialah penggunaan tanaman obat ataupun herbal yang dikenal baik dapat mengatasi penyakit alergi. Ada banyak sekali jenis alergi mulai dari alergi obat, alergi makanan, alergi lateks, alergi musiman, alergi binatang, alergi jamur,  dan asma. Masing-masing jenis pengobatan yang dibutuhkan bisa jadi beda.
Tetapi tidak semua alergi dapat diatasi dirumah menggunakan obat-obatan herbal sehingga membutuhkan penanganan medis. Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana obat alergi dapat mengobati  Infeksi Saluran Pernafasan (ISP) dengan memanfaatkan herbal Sambiloto dan kunyit. 
Cara menggunakan kedua bahan herbal tersebut adalah sebagai berikut :
  • 10 gram sambiloto + 20 gram temulawak, dicuci bersih, dii ris-iris temulawaknya. Lalu semuanya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, setelah hangat tambahkan madu dan air jeruk nipis secukupnya, diminum untuk 2-3 kali sehari, setiap kali minum 100-150 cc.

Pendapat dari dr Paulus W Halim yang berpraktek di BSD City, Tangerang, sangat positif mengenai sambiloto. “Di padukan dengan herbal lain seperti temulawak, sambiloto jadi lebih efektif untuk mengobati penyakit saluran pernafasan bagian atas (ISPA). Sambiloto juga berfungsi sebagai imuno stimulator, dan obat herbal untuk penderita diabetes melitus, juga sebagai perangsang nafsu makan pada anak-anak” demikian penjelasan dokter lulusan Italia ini.

Namun kini sudah tersedia ekstrak sambiloto dengan tambahan bahan herbal lainnya dalam bentuk kapsul  sehingga lebih mudah di konsumsi. Produk Herbal Sambiloto tersebut Bernama HIU Herba HistaminicTanpa mengurangi khasiat dalam setiap bahan-bahan herbalnya kapsul Hiu Herba Histaminic mampu mencegah dan mengobati alergi dan asma. 

baca Selengkapnya

Gejala Alergi

 

Gejala-gejala alergi yang kita alami umumnya tergantung kepada jenis alergen. Misalnya gejala alergi akibat makanan akan menyebabkan gejala pada mulut atau sistem pencernaan, sedangkan alergi debu akan menyebabkan gejala pada sistem pernapasan. Berikut ini adalah penjelasan detailnya.

  • Alergi Karena Gigitan Atau Sengatan Serangga

Selain pembengkakan pada bagian yang digigit, jenis alergi ini dapat menyebabkan munculnya gatal-gatal di seluruh tubuh, batuk-batuk, sesak dada, serta sesak napas.

  • Alergi Karena Substansi dari Udara

Jika Anda memiliki alergi terhadap substansi di udara seperti debu, serbuk sari, atau tungau debu, gejala utama yang akan Anda alami biasanya adalah bersin-bersin. Gejala tersebut dapat berkembang menjadi hidung berair atau mampet yang memicu kesulitan bernapas. Gatal-gatal pada hidung, mata yang merah, berair, dan bengkak juga dapat muncul.

  • Alergi Akibat Makanan

Alergi karena makanan tertentu dapat menyebabkan sensasi geli atau gatal dalam mulut. Pembengkakan pada bibir, lidah, mata, tenggorokan, atau wajah juga bisa terjadi. Selain itu, alergi ini juga dapat mengakibatkan ruam gatal dan merah pada kulit, mual-mual, sakit perut, serta diare.

  • Alergi Akibat Obat

Obat juga dapat mengakibatkan reaksi alergi. Gejalanya dapat berupa gatal-gatal pada kulit, ruam, pembengkakan pada wajah, kesulitan bernapas serta anafilaksis.

Selain penyebab-penyebab di atas, alergi juga dapat muncul saat kulit tersentuh substansi tertentu. Misalnya sabun, sampo, parfum, perwarna rambut, serta perhiasan. Alergi jenis ini akan mengakibatkan sejenis peradangan pada kulit yang dikenal sebagai dermatitis kontak. Dermatitis kontak menyebabkan gejala gatal-gatal, ruam kemerahan, dan bersisik.

Jika pernah merasakan gejala-gejala di atas, Anda sebaiknya mencari tahu penyebabnya agar dapat didiskusikan dengan dokter sehingga alergi Anda dapat ditangani.

Mengenali Gejala Anafilaksis

Alergi terkadang dapat menyebabkan reaksi yang parah dan berakibat fatal, yaitu anafilaksis. Reaksi ini umumnya akan terjadi pada seluruh tubuh dan menyebar dengan sangat cepat. Gejala-gejala anafilaksis antara lain:

  • Sesak napas yang parah.
  • Pingsan akibat tekanan darah yang turun.
  • Mual-mual.
  • Ruam pada kulit.
  • Denyut nadi yang cepat, tapi lemah.

Penderita anafilaksis membutuhkan penanganan medis darurat. Reaksi anafilaksis dapat ditangani dengan suntikan atau obat epinefrin.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sehingga bantuan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Alergi tak dapat dipandang remeh karena memiliki resiko kematian jika terjadi komplikasi yang serius. Lalu, seperti apa gejala alergi yang umum terjadi? 

Mata berair, saluran pernafasan mengalami pembengkakan, sehingga dapat menyebabkan asma karena saluran pernafasan yang menyempit sehingga mengakibatkan susah bernafas. 

baca Selengkapnya

Alergi

Tentang Alergi

Hasil gambar untuk herbal natural

 

Pengertian Alergi

Alergi merupakan suatu reaksi abnormal dalam tubuh yang disebabkan oleh zat-zat yang tidak berbahaya. Alergi timbul bila ada kontak terhadap zat tertentu yang biasanya pada orang normal tidak menimbulkan reaksi. Secara garis besar, alergi disebabkan oleh tiga hal, yaitu faktor keturunan, faktor psikologis, seperti rasa cemas, stress, dan depresi; dan faktor lingkungan, baik dari lingkungan tempat tinggal atau makanan yang kita makan.

Menghindari alergen memang cara yang paling gampang diucapkan. Namun, pada prakteknya, cara ini sangat sulit untuk dilakukan, apalagi kualitas kesehatan lingkungan semakin hari semakin menurun. Polusi yang semakin merajalela menjanjikan debu dan zat-zat kimia yang semakin berlimpah di udara. Makanan pun semakin banyak yang menggunakan bahan-bahan kimia tambahan yang dapat menjadi alergen. Kualitas air, terutama di kota-kota besar, pun semakin menurun sehingga dapat memicu terjadi alergi pada kulit.

Melihat kondisi-kondisi yang sangat menyulitkan kita untuk menghindari alergen, langkah paling bijak yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat ketahanan tubuh terhadap faktor-faktor penyebab alergi. Yang paling mudah dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan mengonsumsi suplemen makanan yang bisa mencegah terjadinya alergi. Selain itu, secara spesifik memang ada beberapa obat-obatan kimia yang dapat menghilangkan gejala alergi. Tapi, sifat obat-obatan itu adalah sebatas meredakan gejala alergi, bukan menyembuhkan.

Karena pada dasarnya, obat  herbal alergi bekerja untuk membantu menormalkan kembali sifat bawaan pada imunitas yang abnormal. Sebagaimana kinerja sebagian obat  dalam mengatasi sel abnormal, maka obat herbal alergi akan memperbaiki prilaku tidak normal dari imunitas.

Imunitas memang menempati unsur penting ketika bicara soal alergi. Karena pada dasarnya alergi adalah sebuah efek dari kinerja imunitas yang tidak normal. Imunitas menunjukan reaksi kekebalan tubuh yang tidak seharusnya muncul karena interaksi dengan faktor alergen. Bagi sistem kekebalan tubuh pengidap alergi, faktor alergen merupakan bahaya yang harus disingkirkan. Dan karena itulah muncul reaksi penolakan dengan munculnya gejala alergi.

Gejala alergi sendiri sangat beragam dengan faktor alergen yang juga sangat beraneka macam. Itu sebabnya kadang sulit menentukan obat anti alergi yang sesuai karena acapkali penyebabnya samar. Namun dengan obat herbal alergi yang melakukan pendekatan dari sisi sifat imunitas, maka masalah alergi ini bisa Anda tekan dengan cara yang berbeda.

 

Bagaimana Cara Mengenali Alergi?

Ada banyak gejala yang bisa muncul dari serangan alergi. Bahkan tingkat keparahannya sendiri bisa sangat bervariasi. Dari skala ringan sampai yang bisa menyebabkan kematian. Secara umum gejala alergi bisa muncul dalam beberapa kondisi dan biasanya terkait dengan faktor pemicu atau faktor alergennya. Dan ragam alergi itu antara lain :

  • Alergi terhadap serangga
    Alergi terhadap gigitan serangga bisa menimbulkan pembengkakan pada area gigitan yang buruk dan lama hilang. Namun untuk mereka yang memiliki alergi yang lebih berat, gejala bisa berupa sesak nafas, dada sakit, lebam-lebam sampai mual.
  • Alergi terhadap udara
    Biasanya mereka yang alergi terhadap udara cenderung alergi terhadap serbuk bunga, debu, tungau dan aroma khusus. Alergi terhadap udara dingin juga banyak Anda temukan di masyarakat. Mereka bisa mengalami gejala gatal-gatal dengan ruam merah pada kulit, bersin dan batuk, mata berair sampai sesak nafas.
  • Alergi terhadap makanan
    Mereka yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu kerap kali mengalami gejala menyerupai keracunan makanan seperti muntah dan mual, diare sampai kolik. Beberapa kasus alergi makanan lain juga bisa menunjukan gejala gatal dan ruam yang disertai bengkak besar-besar seperti biduran.
  • Alergi terhadap obat
    Beberapa jenis obat seperti penisilin serta bahan kimia tertentu yang juga bisa Anda jumpai selain pada obat seperti pada sabun, krim kulit, parfum termasuk pula pada logam tertentu bisa menimbulkan gejala alergi. Biasanya tanda alergi muncul dengan terlihatnya ruam-ruam gatal pada kulit. Kadang bisa pula muncul gejala dermatitis yang bila tidak ditangani bisa menimbulkan reaksi infeksi.
  • Alergi terhadap senyawa tubuh
    Beberapa alergi bisa dipicu oleh kandungan kimiawi alami dari cairan tubuh, meski kasus macam ini terbilang sangat jarang. Sebut saja alergi terhadap sperma, air mata, keringat dan sebagainya. Khusus untuk alergi keringat, kasus ini terbilang paling tinggi dari jenis alergi serupa dan bisa menimbulkan gejala dermatitis berat bila diabaikan.

 

Apa Yang Terjadi Selama Reaksi alergi?

Pertama, seseorang terkena alergen dengan menghirup itu, menelan, atau mendapatkan itu pada atau di bawah kulit mereka. Setelah seseorang terkena alergi, serangkaian kegiatan menciptakan reaksi alergi:

  • Tubuh mulai menghasilkan antibodi jenis tertentu, yang disebut IgE, untuk mengikat allergen.
  • Antibodi melampirkan ke bentuk sel darah yang disebut sel mast. sel Mast dapat ditemukan di saluran udara, di usus, dan di tempat lain. Kehadiran sel mast dalam saluran udara dan saluran pencernaan membuat daerah ini lebih rentan terhadap paparan alergen.
  • Mengikat alergen ke IgE, yang melekat pada sel mast. Hal ini menyebabkan sel mast untuk melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah. Histamin, senyawa kimia utama, menyebabkan sebagian besar gejala reaksi alergi.

 

Macam-Macam Alergi

  • Alergi Seafood, jenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang disekitar kita seperti udang dan makanan lautnya yang dapat menyebabkan alergi yang parah.
  • Alergi Dingin, tubuh mengalami reaksi berlebih terhadap udara dingin dalam beberapa kasus terjadi rasa kedinginan tanpa disertai perubahan fisik pada tubuh.
  • Alergi susu sapi, susu sapi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi.Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan bayi.
  • Alergi Debu, penderita alergi debu akan sangat rentan terhadap debu yang umum dijumpai dirumah atau diluar rumah apalagi ketikabersin-bersin.Namun sebetulnya yang harus diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab debu.
  • Alergi obat-obatan, alergi obat meruapakan reaksi yang diberikan tubuh secara berlebihan meskipun sebelumnya tidak pernah mengalami alergi tersebut.

 

Gejala-gejala yang Muncul Saat Alergi

  • Bersin-bersin.
  • Batuk-batuk.
  • Sesak napas.
  • Ruam pada kulit.
  • Hidung beringus.
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata.
  • Mata berair.

 

Pencegahan

  • Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandanghewan peliharaan di sekitar rumah anda.
  • Kebersihan diri juga harus diperhatikan, untuk menghindari tertumpuknyadaki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi. Untuk mandi, haruslah menggunakan air hangat seumur hidup, dan usahakan mandi sore sebelum PK.17.00'. Sabun dan shampoo yang digunakan sebaiknya adalah sabun dan shampoo untukbayi. Dilarang menggunakan cat rambut.
  • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupunparfum, obat-obat anti nyamuk. Jika di rumah terdapat banyak nyamuk, gunakanlah raket anti nyamuk.
  • Gunakankasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk.
  • Gunakansprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan air hangat akan efektif.
  • Hindari menggunakanpakaian dari bahan wool, gunakanlah pakaian dari bahan katun.
  • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.24.00'
  • Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat yang menimbulkan reaksi alergi. Hindari bahan makanan, minuman, maupun obat-obatan tersebut. Harus mematuhi aturan diet 
  • Konsultasikan dengan spesialis. Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita alergi. Mintalahdokter anda untuk melakukan imunoterapi untuk menurunkan kepekaan anda terhadap bahan-bahan pemicu reaksi alergi, misalnya: dengan melakukan suntikan menggunakan ekstrak deburumah atau dengan melakukan imunisasi Baccillus Calmette Guirine (BCG) minimal sebanyak 3 kali (1 kali sebulan) berturut-turut, dan diulang setiap 6 bulan 

 

Menemukan Obat Alergi Yang Cocok 

Selama ini kebanyak obat alergi hanya mengurangi gejala munculnya alergi, tetapi tidak mengobati.   Cara terbaik dalam mengatasi alergi sampai ke akar adalah dengan menambahkan asupan obat herbal alergi. Obat herbal alergi bisa membantu Anda mengatasi kecenderungan imunitas Anda bereaksi secara abnormal terhadap faktor alergen. 

Dan salah satu obat herbal alergi yang sudah terbukti klinis sangat manjur mengatasi keluhan segala macam alergi adalah HIU Herba Histaminic yang mengandung sambiloto yang sangat baik untuk pencegahan alergi karena kandungan senyawa yang ada didalamnya. 

Daun dan percabangan sambiloto mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, pan.ikulin, mono-0- metilwithin, dan apigenin-7,4- dimetileter.

Sambiloto mempunyai kandungan zat yang khas berupa andrographolide.“Zat andrographolide ini tidak ada di tanaman lain” ungkap Ir. Winarto, pemilik kebun tanaman obat Karyasari. Selain andrographolide tanaman ini juga mempunyai kandungan zat panicolin.

Pendapat dari dr Paulus W Halim yang berpraktek di BSD City, Tangerang, sangat positif mengenai sambiloto. “Di padukan dengan herbal lain seperti temulawak, sambiloto jadi lebih efektif untuk mengobati penyakit saluran pernafasan bagian atas (ISPA). Sambiloto juga berfungsi sebagai imuno stimulator, dan obat herbal untuk penderita diabetes melitus, juga sebagai perangsang nafsu makan pada anak-anak” demikian penjelasan dokter lulusan Italia ini.

 

Herba Histaminic adalah salah satu herbal produksi Herbal Indo Utama yang memiliki banyak manfaat terutama bagi penderita alergi kulit. Herba histaminic merupakan kapsul herbal yang diformulasikan dari beberapa bahan alami untuk mengatasi alergi, gatal-gatal, kudis (scabies), kadas, kurap, eksim, dermatitis, bisul, cacar air, psoriasis.

Komposisi :
  • Tiap Kapsul Mengandung :
  • Andrographis paniculata herba extractum 150mg
  • Tinospora crispa caulli extractum 150mg
  • Curcuma xanthorrhiza rhizoma extractum 100mg

Khasiat / Kegunaan :
  • Mengobati Gatal-gatal
  • Biduren (urtikaria), Alergi Kulit
  • Kudis (scabies), Kadas, Kurap
  • Eksim, Dermatitis
  • Bisul, Cacar Air, Psoriasis
  • Meringankan Infeksi Sakuran Pernafasan (ISP)

*Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Aturan Minum :
  • Diminum 3 x sehari 1-3 kapsul
Penyimpanan :
  • Disimpan pada tempat yang sejuk, kering dan terhindar dari sinar matahari langsung
Peringatan:
  • Tidak dianjurkan untuk wanita hamil
 
Ijin Produk: POM TR 133 372 301
Sertifikat Halal BP POM MUI No. 00140016360701 
Kemasan: Botol isi 60 kapsul

 

Cara Pemesanan : 

Melalui Website kami di www.istana-herbal.com.  Silahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"

 

Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


- Bank Central Asia KCU Solo
- Nama : Krida Prasetia
- No Rekening : 0152693506


- Bank Mandiri Cabang Kartasura
- Nama : Krida Prasetia
- No Rekening : 138-00-073-5269-8


- Bank Negara Indonesia Cabang
- Nama : Krida Prasetia
- No Rekening : 0198117897

- Bank Rakyat Indonesia Cabang
- Nama : Krida Prasetia
- No Rekening : 66-4701-00000-6507

 

 

Pelayana Kami
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
baca Selengkapnya