Cara Mengatasi Depresi

Mengatasi depresi

a) Mengatasi Depresi Menggunakan Psikoterapi.

  • Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran dan sikap anda secara lebih mendalam
  • Membantu anda mengenali masalah yang menyebabkan depresi mana yang bisa anda selesaikan dan masalah mana yang harus anda jalani bersamaan dengan hidup anda
  • Memperbaiki hubungan anda
  • Membantu anda menemukan kebahagiaan  hidup yang hilang karena depresi
  • Membantu anda mengekspresikan perasaan anda dengan lebih baik
  • Membantu anda meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anda
  • Membantu anda mengubah hidup anda menjadi lebih baik
  • Membantu anda dalam menetapkan tujuan hidup anda yang akan meningkatkan kualitas hidup anda

 

b) Mengatasi depresi dengan mengandalkan diri sendiri

  • Kenali Pikiran-Pikiran Serta Perasaan Negatif Anda

Agar anda mampu mengubah dan mengendalikan pikiran negatif yang membuat anda terperangkap dalam siklus depresi, sangatlah penting bagi anda untuk mengenali alasan-alasan tersebut, yang merupakan penyebab utama anda merasa depresi.
Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikiran negatif anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu anda bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap hari untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Catatan pikiran-pikiran anda dan pemeriksaan atas penyebab rasa depresi tersebut akan membuat anda mampu mengenali alasan mengapa anda terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif tersebut, anda mampu mencegah, dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus depresi.

  • Menerima Diri Anda Sendiri dan Kelemahan Anda

Jika diri anda sendiri tidak mampu mengatasi depresi seorang diri dan jika usaha anda tidak berhasil, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menerima kekurangan tersebut. Daripada mencoba mengubah hidup anda dengan paksa, anda harus menerima diri anda, dengan apa yang anda rasakan dan berkonsentrasi pada hal-hal yang anda mampu lakukan.

Depresi akan lenyap namun kita tidak bisa memprediksi kapan depresi akan terjadi. Kemajuan terapis tergantung pada banyak faktor. Anda tidak perlu mencoba mengubah hal-hal yang memang tidak bisa anda ubah. Setiap kali anda harus melakukan yang terbaik untuk membantu diri anda sendiri namun di saat yang bersamaan anda juga harus menerima kelemahan anda.

 

c) Mengatasi depresi dengan obat

  • Anda bisa mengatasi depresi dengan menggunakan obat-obatan; khususnya obat anti depresi. Obat anti depresi mempengaruhi otak dan sel-sel syaraf. Secara lebih spesifik, obat-obatan bekerja dengan mengubah reaksi kimia (neurotransmitter), yang digunakan sel syaraf untuk berkomunikasi satu sama lain.Obat anti depresi merupakan obat yang aman untuk digunakan. Obat semacam ini tidak menimbulkan ketergantungan; tidak mempunyai efek samping yang berbahaya dan dapat membantu anda mengatasi depresi. Tujuan menggunakan obat anti depresi bukanlah untuk mengatasi masalah anda dengan cepat, namun untuk memberikan diri anda kesempatan untuk merasa lebih baik.

PERHATIAN: penggunaan obat anti depresi apapun harus dilakukan setelah konsultasi dan pemberian resep dokter.

 

d) Mengatasi Depresi Dengan Merubah Gaya Hidup 

  • Hindari Penyalahgunaan Narkoba maupun Alkohol

Meskipun narkoba dan alkohol dapan membantu Anda melupakan berbagai masalah untuk sementara, namun sebenarnya kedua hal ini bisa memperparah depresi. Ditambah lagi, narkoba atau alkohol memiliki reaksi bertentangan dengan obat antidepresan yang  sering diresepkan dokter bagi penderita depresi.

  • Jadilah Aktif

Olah tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk mengalahkan depresi. Aktif secara fisik membantu mengurangi dan meringankan gejala depresi. Ini juga dapat meminimalkan beberapa dampak fisik dari depresi. Dan sebagai bonus, dengan berolahraga Anda menjadi aktif secara sosial melalui grup atau kegiatan olahraga lain yang dilakukan bersama orang lain.

  • Upayakan Tidur yang Berkualitas

Tidur malam yang baik dapat membantu menyembuhkan banyak masalah kesehatan, termasuk depresi. Mendapatkan istirahat yang cukup bisa secara signifikan meningkatkan fungsi otak dan mempercepat pemulihan. Sayangnya, insomnia ataupun gangguan tidur lain tidak jarang dialami oleh penderita depresi. Bicarakanlah dengan dokter jika Anda memiliki gangguan tidur.

  • Meditasi atau yoga.
Kegiatan ini bisa membantu dalam hal relaksasi. Dengan belajar cara mengendalikan dan menenangkan pikiran, gejala depresi bisa menjadi lebih ringan.
  • Berolahraga.
Kegiatan ini bisa membantu mengurangi gejala depresi. Lakukan olahraga seperti berjalan, berenang, lari, berkebun atau aktivitas fisik lainnya. Fungsi utama berolahraga adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri dan mengurangi perasaan cemas serta sedih. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  • Komunitas pendukung.
Membicarakan masalah Anda dengan sekelompok orang dengan pengalaman yang sama bisa mengurangi beban yang dirasakan. Anda bisa memulai dengan berbicara dengan teman atau keluarga terdekat. Cari tahu tentang kelompok pendukung di daerah Anda.

 

e) Mengatasi depresi dengan obat herbal

  • Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid), meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi.  Kini sudah banyak beredar kapsul pegagan sehingga lebih mudah mengkonsumsinya, salah satunya HIU Pegagan yang diramu menggunakan ekstrak daun pegagan. Tanpa mengurangi manfaat daun pegagan Hiu Pegagan lebih praktik dan mudah untuk dikonsumsi.

 

 

online istana