Bahaya Korek Kuping untuk Telinga

 

Sebenarnya, tanpa bantuan cotton bud, telinga kita dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara alami. Di dalam liang telinga terdapat suatu lapisan kulit yang mengandung kelenjar, dimana lapisan ini mengelupas setiap harinya. Perpaduan antara sekresi kelenjar dan pengelupasan lapisan kulit ini dinamakan serumen. Serumen ini berfungsi untuk melumasi liang telinga, melindungi dan membersihkan telinga secara alami.

Cotton bud mungkin sudah akrab kita gunakan sehari-hari untuk membersihkan telinga. Namun, tidak semua orang tahu bahaya penggunaan cotton bud ini untuk mengorek telinga. Selain itu penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga yang berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit liang telinga akibat gesekan yang dapat menyebabkan infeksi. Penggunaan cotton bud yang terlalu dalam pada liang telinga juga dapat menyebabkan tertusuknya gendang telinga hingga menyebabkan kebocoran gendang telinga. Penggunaan cotton bud juga sering menimbulkan benda asing pada liang telinga karena terlepasnya ujung kapas dari tangkainya dan tersangkut di dalam liang telinga.

Seperti dikutip Healthday, gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai cotton bud adalah tinnitus atau telinga berdenging. Sementara wajah yang sulit digerakkan adalah gejala kerusakan saraf yang juga dipicu kerusakan gendang telinga.

 

Berikut sejumlah alasan kenapa Anda tak perlu membersihkan telinga Anda menggunakan cotton buds:

Telinga Anda mampu membersihkan diri sendiri

  • Tidak seperti kebanyakan dari organ tubuh lainnya, telinga ternyata tidak perlu dibersihkan. Telinga sebenarnya adalah organ yang mampu membersihkan diri sendiri sehingga Anda tak perlu repot-repot membersihkannya.  Bahkan dokter sendiri telah menganjurkan untuk tidak menggunakan benda apapun, seperti pin rambut, kunci, klip kertas, pena atau pensil untuk membersihkan telinga Anda. Semua benda tersebut justru akan menimbulkan kerusakan parah pada telinga Anda. 


Lilin telinga itu menyehatkan

  • Banyak orang yang seringkali menggunakan penyeka kapas (cotton buds) untuk mengeluarkan lilin telinga (kotoran telinga) dan menganggap kebiasaan tersebut sudah tepat. Padahal, keberadaan lilin telinga tersebut sebenarnya sehat dan baik untuk lubang telinga. Pasalnya, lilin telinga berfungsi melapisi bagian dalam telinga Anda dan melindunginya. Selain itu, lilin telinga juga memiliki sifat anti-bakteri yang mencegah telinga Anda terinfeksi dan membantu mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke telinga Anda.  Lilin telinga diproduksi oleh bagian dalam telinga Anda, menyerap kuman dan sel-sel kulit mati serta perlahan membuangnya keluar telinga. Bahkan, aktivitas berbicara dan mengunyah dapat meningkatkan produksi lilin di telinga Anda. 
  • Dalam beberapa kasus, seseorang bisa saja memiliki terlalu banyak lilin di telinganya sehingga dapat mempengaruhi pendengaran dan menimbulkan rasa sakit di telinga. Hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Di sana, Anda akan diberikan perawatan khusus untuk mengurangi lilin dengan menggunakan prosedur yang cepat, aman dan tidak sakit. 


Penyeka kapas (cotton buds) dapat merusak telinga Anda

  • Setiap kali Anda memasukkan kapas ke dalam telinga, tidak hanya akan membawa kuman baru ke dalam telinga Anda, tetapi juga membuat lilin kembali masuk ke dalam telinga Anda. Lilin yang seharusnya bisa keluar dengan sendirinya, terpaksa harus masuk kembali karena mendapat dorongan dari cotton buds. Alhasil, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar terjebak kembali di dalam telinga. Bahkan, kebiasaan buruk tersebut akan mempengaruhi gendang telinga Anda. Gendang telinga merupakan selaput tipis pada ujung saluran telinga yang sangat halus. Ketika Anda sedang asyik-asyiknya mengais kotoran di telinga Anda, Anda bisa saja secara tak sengaja merobek gendang telinga Anda. 

 

Kapan kotoran telinga perlu dibersihkan?

Anda masih boleh membersihkan kotoran telinga, tetapi hanya di lubang telinga saja. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam liang telinga Anda untuk membersihkan kotoran telinga.

Kotoran telinga perlu dibersihkan bila disertai gejala sebagai berikut:

  • Sensasi rasa penuh, tersumbat atau nyeri di dalam telinga
  • Tinnitus (suara berdenging atau gemrebeg dalam telinga)
  • Kurang pendengaran
  • Keluar cairan dari telinga disertai rasa gatal atau nyeri

Bila terdapat salah satu dari gejala di atas, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk membersihkan serumen dalam telinga Anda.

 

online istana