Pengobatan Stroke Jakarta

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, dan dapat mengakibatkan kematian. Umumnya stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Di Indonesia, stroke menjadi penyebab sekitar 15,4% kematian dari total kasus kematian akibat penyakit. Sebanyak 2,5% dari pasien stroke meninggal dunia, dan sisanya akan mengalami kecacatan yang beratnya bervariasi

 

Penyebab Penyakit Stroke

Ada dua faktor yang merupakan penyebab stroke yaitu resiko medis dan resiko perilaku 1. Faktor risiko medis

Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah). Menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis. 2. Faktor risiko perilaku 

Faktor resiko perilaku disebakan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food dan junk food). Faktor resiko perilaku lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas. Salah satu pemicunya juga adalah susasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas.

 

Tanda dan Gejala-gejala Stroke

Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut:

  1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
  2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
  3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.

Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.

 

Pencegahan

Berhenti Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok akan berdampak pada risiko stroke. Maka jika anda ingin terhindari dari stroke, ada baiknya jika anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Makan Sehat

Melakukan pola makan yang sehat tersmasuk mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan merupakan salah satu cara untuk dapat terhindar dari stroke. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan, sayur, ikan, susu rendah lemak, biji-bijian, dan juga hindari makanan yang berlemak, makanan terlalu manis, daging olahan.

Olahraga

Rajinlah untuk melakukan olahraga ringan setiap hari jika anda menginginkan stroke tidak terjadi pada diri anda, lakukan olahraga ringan selama 30 menit di tambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu karena hal tersebut akan menurunkan risiko terkena stroke

Berhenti Minum Alkohol

Dengan minum alkohol dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko stroke. Apabila anda ingin menghindari risiko stroke, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu menghentikan kebiasaan buruk minum alkohol.

Menjaga Berat Badan

Mempunyai badan yang ideal juga dapat membantu anda untuk menurunkan risiko stroke. Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan diet dan menjaga pola makan dan disertai dengan gaya hidup yang sehat.

Pemeriksaan Secara Rutin tensi Darah

Tekanan darah yang cukup tinggi dapat membuat pembuluh darah mengalami tekanan yang cukup kuat. walaupun hal tersebut tidak menunjukkan gejala apapun, maka dari itu cek tensi darah anda secarateratur.

Hindari Stress dan Deperesi

Stress dan deperesi adalah salah satu penyebab risiko stroke. Kedua masalah ini akan menggangu bahkan dapat menimbulkan korban fisik. Jika tidak dapat diatasi maka kedua hal ini akan menimbulkan masalah yang berkepanjangan.

Dengan anda menghindari faktor-faktor yang dapat menjadi pemicu risiko stroke, maka anda sudah melakukan langkah terbaik untuk keselamatan dan kesehatan diri anda. namun jika salah satu diantara kalian yang sudah mengalami stroke tersebut, sebaiknya segera melakukan pengobatan. baik itu pengobatan herbal stroke ataupun dengan cara medis.

 

Pengobatan stroke

Jika medis dapat melakukan pertolongn pertama pada penderita stroke maka obat herbal stroke bias menjadi jalan untuk terapi jangka panjang penyakit ini sehingga kondisi pasien dapat kembali normal dan berangsur-angsur pulih seperti sedia kala. Sebenarnya tidak ada obat stroke herbal yang ampuh, yang diklaim dapat menyembuhkan stroke dalam waktu singkat. Jadi dibutuhkan pengobatan dengan herbal secara rutin, disertai dengan gaya hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan dan berolahraga ringan, sehingga penderita stroke dapat berangsur pulih seperti sedia kala. Banyak macamnya obat herbal untuk penyakit stroke. Tapi beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. HIU Kulit Manggis
  2. Thibbuna Habbatussauda Oil
  3. Gamat
online istana