Herbal Asam Urat

8 Manfaat jinten hitam untuk Kesehatan Tubuh

Jinten Hitam sudah di kenal lama oleh masyarakat indonesia, jinten hitam terkenal memiliki aneka khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya yaitu penyakit rematik. jinten hitam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan tubuh.

Berikut adalah manfaat utama jinten Hitam:

  • Menyembuhkan rematik dan menetralkan kadar asam urat dalam tubuh
  • Dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan bakteri dan virus agar penderita asam urat tidak mengalami komplikasi.
  • Dapat mengurangi produksi zat purin didalam tubuh
  • Dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan zat purin melaui air seni dan feses (buang air besar) secara bertahap.
  • Dapat meredakan nyeri  serta linu pada persendian secara sistematik
  • Menyembuhkan pembengkakan dan meredakan rasa nyeri sekitar persendian yang diakibatkan asam urat
  • Sebagai terapi bertahap untuk proses pemyembuhan asam urat
  • Dapat melancarkan peredaran darah sekitar persendian

   
     Kehebatan jinten hitam akan semakin kuat dan ajaib jika digabungkan dengan daun salam . Kedua bahan bermanfaat itu direbus secara bersamaan dan sarinya dapat diminum. khasiatnya dapat menurunkan kadar asam urat pada persendian secara signifikan.


    Kehebatan jinten hitam juga akan semakin kuat dan ajaib jika digabungkan dengan daun seledri . kedua bahan herbal alami tersebut mampu mengobatai dan mempertahankan kadar asam urat tetap stabil asalkan sipenderita amau menghindari makanan jenis jeroan dan berbagai jenis makanan yang masuk golongan makanan siap saji.


    Kehebatan Jinten hitam juga tetap ajaib walau tanpa campuran bahan herbal lain karena didalam jinten telah terkandung zat zat yang mampu menyehatakan tubuh secara nyata asalkan seorang penderita asam urat mau dan disiplin merubah gaya hidupnya agar lebih lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Bagi orang yang  sehat dan ingin tidak terserang penyakit asam urat dapat membuat ramuan sendiri dan mengkonsumsinya 3 kali dalam seminggu yaitu dengan cara :

Ambilah kira kira 3 sampai 4 gram jinten hitam lalu seduhlah kedalam segelas air panas dan diamkan selama kira kira selama 10 menit. kemudian campurkan madu dan aduklah hingga merata lalu minumlah.

Tentang khasiat jinten hitam yang tidak banyak diketahui orang

    Penyakit asam urat dapat juga disebabkan karena faktor genetik dimana ada silsilah atau garis keturunan dari salah satu orangtua juga mempunyai penyakit asam urat. Pencegahannya yaitu kesadaran diri seseorang untuk menghindari makanan yang banyak memiliki zat purin.

    Penyakit asam urat lebih banyak diderita oleh kaum pria daripada wanita. hal ini berhubungan dengan hormon dan kelenjar yang berbeda diantara pria dan wanita juga di dukung karena kebiasaan pria yang lebih sering mengkonsumsi makanan siap saji diluaran rumah.


    Penyakit asam urat bisa menyerang wanita dan lebih sering pada wanita yang telah atau sedang memasuki masa menopause. hal ini diakibatkan pada masa menopause hormon wanita mengalami perubahan dan kemampuan ginjal semakin berkurang dalam menyaring benda asing  untuk segera dialirkan  kekandung kemih agar segera dibuang lewat urin,  benda asing tersebut adalah penggumpalan zat purin di dalam tubuh.


    Ramuan herbal dari jinten hitam sangat baik jika dikonsumsi orang yang telah lanjut usia agar selain mencegah terjadinya peningkatan zat purin , dapat pula untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya yang semakin berkurang akibat perubahan hormom alami.


    Selain jinten bermanfaat bagi penyembuhan penyakit asam urat , jinten hitam juga mampu mempercepat proses detoksifikasi tubuh atau pengeluaran racun dalam tubuh melalui urin yaitu zat purin yang berlebih yang menetap pada ginjal.
     Selain mampu mengobati penyakit asam urat ternyata zat yang ada di jinten hitam sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak anak, karena dapat meningkatkan daya konsentrasi belajar dan memperbaiki sel sel otak secara sistematik.

Selama menjalani pengobatan dengan meminum ramuan dari jinten hitam seseorang penderita asam urat dilarang untuk mengkonsumsi :


  •  Sayuran yang terdiri dari manfaat brokoli, manfaat kangkung, manfaat bayam, manfaat daun singkong, daun ketela, manfaat daun pepaya, kol, kembang kol
  •  Menghindari semua jenis makanan jeroan seperti usus, ampela, babat, gajih, kulit ayam, paru, otak otak, hati  dan lain lain.
  • Jenis daging-dagingan yang terdiri dari manfaat daging kambing, daging babi dan daging anjing (bagi diluar muslim) dan daging kuda
  •  Hasil laut terdiri dari bulu babi, teripang, ikan sarden, kepiting, cumi cumi, kerang , tiram, udang kecil atau lobster dan lain lain
  •  Jenis kacang kacangan terdiri dari manfaat kedelai, manfaat kacang hijau dan kacang tanah, kacang melinjo, emping serta santan.
  •  Makanan siap saji yang terdiri dari  makanan donat, cake, es krim, dan semua makanan yang mengandung minyak jenuh dan trans


Ketika sedang atau melakukan terapi dengan meminum ramuan jinten hitam maka kebiasaan minum obat obatan pereda nyeri hendaknya dihentikan agar manfaat dari jinten hitam dapat bekerja dengan baik.

 

Untuk Membeli Jinten Hitam atau habatsauda klik disini  http://istana-herbal.com/collections/habbatussauda

baca Selengkapnya

HIU Prosamura

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.  

Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal. 

Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.

Beberapa gejala asam urat yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat:

  1. Pada waktu pagi yaitu pada saat bangun tidur dan pada waktu malam hari biasanya persendian terasa nyeri.
  2. Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi berulang kali.
  3. Tanda yang ditimbulkan seperti rasa nyeri di persendian, linu, ngilu, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
  4. Nyeri di persendian biasanya terjadi di bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
  5. Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami sakit saat mengalami pergerakan.
  6. Untuk penderita seperti gejala diatas sebaiknya memeriksakan di laboratorium untuk hasil yang lebih akurat.

Makanan pantangan untuk penderita asam urat

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan A:  Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan B:  Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan C:  Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

 

Beberapa cara mengobati asam urat yaitu:

  • Hindarilah makanan yang dapat memicu terbentuknya asam urat seperti makanan jeroan, makanan laut, makanan kaleng, telur, kuah daging kental dan kaldu.
  • Hindari buah-buahan seperti: nanas, alpukat, durian dan air kelapa.
  • Hindari makanan seperti melinjo, emping, bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun singkong, daun jambu mete dan kembang kol.
  • Hindari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai beserta kedelai olahan seperti tempe susu kedelai, tauco, oncom dan tauge.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi putih, sawi hijau, tomat dan serai yang bermanfaat untuk mengobati asam urat.
  • Untuk orang yang gemuk dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena biasanya asam urat cepat naik sedangkan pengeluarannya kurang.
  • Banyak minum air putih karena dapat membantu mengeluarkan zat purin di dalam tubuh.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.

Solusi Mengatasi Asam Urat

  • Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  • Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  • Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Selain solusi diatas mengonsumsi obat-obatan herbal juga baik untuk penyembuhan dan pencegahan asam urat, karena obat herbal tidak mengandung zat kimia yan memiliki efek kurang baik untuk tubuh, salah satu obat herbal untuk penyekit asam urat adalah HIU PROSAMURA  yang memiliki kandungan

adrographis paniculata : Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

sonchi folium : Tempuyung rasanya pahit dan dingin. Berkhasiat menghilangkan panas dan racun, peluruh kencing (diuretic), penghancur batu (litotriptik), antiurolitiasis dan menghilangkan bengkak.

phyllantus niruri ( Meniran) : komponen yang berkhasiat dalam tanaman meniran adalah senyawa flavonoid: kuersetin, kuersitrin, isokuersitrin, astragalin, ruitn, kaemferol, dalam bentuk bebas dan terikat sebagai glikosida, senyawa Lignan : filantin, hipofilantin, nirantin, nirtetralin, norsekurinin, sekurinin, alosekurinin, nirfilin, filinirunin dan senyawa alkaloid: entnorsekurinin. Selain diindikasi untuk penyakit hati, tumbuhan herbal ini sering digunakan atau berkhasiat menyembuhkan pengobatan jenis penyakit lain, seperti sakit kencing batu, infeksi saluran kencing, sebagai antiinflamasi, obat influenza dan diuretik (memperlancar air kencing), demam, sakit perut, batuk, sakit gigi, sakit kuning dan gonorhoe. Bagian tumbuhan yang digunakan obat tradisional umumnya bagian daun dan akar meniran.

polyanty folium : beberapa manfaat dari daun sirih merah adalah mengobati kanker, diabetes, serangan jantung, peradangan, hepatitis, hipertensi,dan stroke, wasirnsi, maag, asam urat, hipert dan hampir semua jenis penyakit dalam.

curcuma rhizome : Kandungan kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10%
Kandungan demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H1 - 5%
Kandungan bisdemetoksikurkumin ; R1 = R2 = H. Kandungan lainnya adalah : minyak atsiri/volatil oil (keton sesquiterpen, tumeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil), lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, Vitamin C 45-55%, garam mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium). Dengan kandungan berbagai senyawa yang berkhasiat, kunyit berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit diantaranya : Mencegah pembekuan darah, kurkumin yang terkandung dalam kunyitdapat digunakan sebagai anti kanker (kulit, payudara).kurkumin juga dapat berfungsi sebagai anti oksidan,Mengatasi gangguan pencernaan (mulas),Menurunkan kadar kolesterol,diabetes militustifus, keputihan, Demam, Eksim, Terlambat Haid,Memperlancar ASI, Amandel, CangkrangBerak lender, Menurunkan tekanan darah, Radang gusi. radang rahim.
baca Selengkapnya

Al Ghuroba Sambiloto

Gejala penyakit asam urat terjadi karena menumpuknya zat purin di dalam tubuh secara berlebihan dan zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat, namun karena produksi asam urat dalam tubuh terlalu berlebihan maka berakibat gangguan pada ginjal yaitu ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat secara baik sehingga asam urat yang berbentuk kristal akan menumpuk di bagian persendian, dan berakibat terjadinya rasa nyeri di bagian sendi, bengkak dan juga meradang.

Zat purin itu sendiri berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup, buah-buahan dan sayuran, kesimpulannya asam urat yaitu penyakit yang ditimbulkan karena sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi, dan secara umum penyakit asam urat ini terjadi pada usia lanjut karena menumpuknya zat purin berlebihan di dalam tubuh, serta biasanya orang yang menderita penyakit asam urat juga mengalami penyakit lainnya seperti, diabetes, penyakit ginjal atau hipertensi, jika penyakit asam urat dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal dan berlajut menjadi gagal ginjal. Kadar asam urat normal pada wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan untuk pria kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl, untuk mengetahui berapa kadar asam urat anda bisa periksakan di klinik atau laboratorium.

Gejala-gejala Penyakit Asam Urat antara lain:

  • kesemutan dan linu
  • nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun dari tidur
  • sendi terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan terasa sangat nyeri

Selain nyeri sendi, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal serta dalam jangka waktu lama, akan merusak ginjal secara permanen hingga diperlukan cuci darah seumur hidup. Kadar asam urat yang tinggi ternyata juga berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus (kencing manis) dan hipertensi.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Apasaja penyebab penyakit asam urat?

Asam urat disebabkan oleh adanya Kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah tersebut juga dengan hyperuricemia. Penyebab munculnya penyakit ini antara lain:

  1. terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga menyebabkan kandungan purin berubah menjadi asam urat ketika tubuh mengalami metabolisme.
  2. Kondisi ginjal yang tidak mampumembuang kelebihan asam urat dikarenakan terlalu banyaknya zat purin yang masuk kedalam tubuh
  3. Terlalu banyak Kristal asam urat yang menumpuk dipersendian sehingga hal ini menyebabkan nyeri, luni, membengkak, panas, kaku, serta meradang pada bagian persendian.

Cara Mencegah Asam Urat

Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Cara yang terbaik tentu dengan menghindari makanan tinggi purin seperti yang disebutkan di atas. Beberapa hal yang menarik antara lain:

  1. Konsumsi kopi (bukan teh) dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan (menarik ya?)
  2. Dalam kondisi terjadi serangan akut, obat penurun asam urat justru memperberat rasa sakit sehingga harus dihindari
  3. Konsumsi alkohol akan menurunkan buangan asam urat melalui ginjal
  4. Minum air minimal 8 gelas sehari efektif untuk membuang asam urat

 

Obat Asam Urat Sambiloto (Adrographis panniculata).

 Aslinya merupakan tanaman dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman. Kini untuk mengkonsumsi sambiloto tidak perlu repot lagi karena kini sambiloto tersedia dalam bentuk kapsul tanpa mengurangi manfaat dari sambiloto itu sendiri, sehingga lebih mudah dan praktis.

baca Selengkapnya