Al Ghuroba Sambiloto

Gejala penyakit asam urat terjadi karena menumpuknya zat purin di dalam tubuh secara berlebihan dan zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat, namun karena produksi asam urat dalam tubuh terlalu berlebihan maka berakibat gangguan pada ginjal yaitu ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat secara baik sehingga asam urat yang berbentuk kristal akan menumpuk di bagian persendian, dan berakibat terjadinya rasa nyeri di bagian sendi, bengkak dan juga meradang.

Zat purin itu sendiri berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup, buah-buahan dan sayuran, kesimpulannya asam urat yaitu penyakit yang ditimbulkan karena sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi, dan secara umum penyakit asam urat ini terjadi pada usia lanjut karena menumpuknya zat purin berlebihan di dalam tubuh, serta biasanya orang yang menderita penyakit asam urat juga mengalami penyakit lainnya seperti, diabetes, penyakit ginjal atau hipertensi, jika penyakit asam urat dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal dan berlajut menjadi gagal ginjal. Kadar asam urat normal pada wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan untuk pria kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl, untuk mengetahui berapa kadar asam urat anda bisa periksakan di klinik atau laboratorium.

Gejala-gejala Penyakit Asam Urat antara lain:

  • kesemutan dan linu
  • nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun dari tidur
  • sendi terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan terasa sangat nyeri

Selain nyeri sendi, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal serta dalam jangka waktu lama, akan merusak ginjal secara permanen hingga diperlukan cuci darah seumur hidup. Kadar asam urat yang tinggi ternyata juga berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus (kencing manis) dan hipertensi.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Apasaja penyebab penyakit asam urat?

Asam urat disebabkan oleh adanya Kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah tersebut juga dengan hyperuricemia. Penyebab munculnya penyakit ini antara lain:

  1. terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga menyebabkan kandungan purin berubah menjadi asam urat ketika tubuh mengalami metabolisme.
  2. Kondisi ginjal yang tidak mampumembuang kelebihan asam urat dikarenakan terlalu banyaknya zat purin yang masuk kedalam tubuh
  3. Terlalu banyak Kristal asam urat yang menumpuk dipersendian sehingga hal ini menyebabkan nyeri, luni, membengkak, panas, kaku, serta meradang pada bagian persendian.

Cara Mencegah Asam Urat

Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Cara yang terbaik tentu dengan menghindari makanan tinggi purin seperti yang disebutkan di atas. Beberapa hal yang menarik antara lain:

  1. Konsumsi kopi (bukan teh) dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan (menarik ya?)
  2. Dalam kondisi terjadi serangan akut, obat penurun asam urat justru memperberat rasa sakit sehingga harus dihindari
  3. Konsumsi alkohol akan menurunkan buangan asam urat melalui ginjal
  4. Minum air minimal 8 gelas sehari efektif untuk membuang asam urat

 

Obat Asam Urat Sambiloto (Adrographis panniculata).

 Aslinya merupakan tanaman dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman. Kini untuk mengkonsumsi sambiloto tidak perlu repot lagi karena kini sambiloto tersedia dalam bentuk kapsul tanpa mengurangi manfaat dari sambiloto itu sendiri, sehingga lebih mudah dan praktis.

online istana