HIU Prosamura

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.  

Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal. 

Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.

Beberapa gejala asam urat yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat:

  1. Pada waktu pagi yaitu pada saat bangun tidur dan pada waktu malam hari biasanya persendian terasa nyeri.
  2. Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi berulang kali.
  3. Tanda yang ditimbulkan seperti rasa nyeri di persendian, linu, ngilu, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
  4. Nyeri di persendian biasanya terjadi di bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
  5. Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami sakit saat mengalami pergerakan.
  6. Untuk penderita seperti gejala diatas sebaiknya memeriksakan di laboratorium untuk hasil yang lebih akurat.

Makanan pantangan untuk penderita asam urat

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan A:  Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan B:  Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Makanan pantangan untuk asam urat Golongan C:  Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

 

Beberapa cara mengobati asam urat yaitu:

  • Hindarilah makanan yang dapat memicu terbentuknya asam urat seperti makanan jeroan, makanan laut, makanan kaleng, telur, kuah daging kental dan kaldu.
  • Hindari buah-buahan seperti: nanas, alpukat, durian dan air kelapa.
  • Hindari makanan seperti melinjo, emping, bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun singkong, daun jambu mete dan kembang kol.
  • Hindari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai beserta kedelai olahan seperti tempe susu kedelai, tauco, oncom dan tauge.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi putih, sawi hijau, tomat dan serai yang bermanfaat untuk mengobati asam urat.
  • Untuk orang yang gemuk dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena biasanya asam urat cepat naik sedangkan pengeluarannya kurang.
  • Banyak minum air putih karena dapat membantu mengeluarkan zat purin di dalam tubuh.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.

Solusi Mengatasi Asam Urat

  • Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  • Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  • Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Selain solusi diatas mengonsumsi obat-obatan herbal juga baik untuk penyembuhan dan pencegahan asam urat, karena obat herbal tidak mengandung zat kimia yan memiliki efek kurang baik untuk tubuh, salah satu obat herbal untuk penyekit asam urat adalah HIU PROSAMURA  yang memiliki kandungan

adrographis paniculata : Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

sonchi folium : Tempuyung rasanya pahit dan dingin. Berkhasiat menghilangkan panas dan racun, peluruh kencing (diuretic), penghancur batu (litotriptik), antiurolitiasis dan menghilangkan bengkak.

phyllantus niruri ( Meniran) : komponen yang berkhasiat dalam tanaman meniran adalah senyawa flavonoid: kuersetin, kuersitrin, isokuersitrin, astragalin, ruitn, kaemferol, dalam bentuk bebas dan terikat sebagai glikosida, senyawa Lignan : filantin, hipofilantin, nirantin, nirtetralin, norsekurinin, sekurinin, alosekurinin, nirfilin, filinirunin dan senyawa alkaloid: entnorsekurinin. Selain diindikasi untuk penyakit hati, tumbuhan herbal ini sering digunakan atau berkhasiat menyembuhkan pengobatan jenis penyakit lain, seperti sakit kencing batu, infeksi saluran kencing, sebagai antiinflamasi, obat influenza dan diuretik (memperlancar air kencing), demam, sakit perut, batuk, sakit gigi, sakit kuning dan gonorhoe. Bagian tumbuhan yang digunakan obat tradisional umumnya bagian daun dan akar meniran.

polyanty folium : beberapa manfaat dari daun sirih merah adalah mengobati kanker, diabetes, serangan jantung, peradangan, hepatitis, hipertensi,dan stroke, wasirnsi, maag, asam urat, hipert dan hampir semua jenis penyakit dalam.

curcuma rhizome : Kandungan kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10%
Kandungan demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H1 - 5%
Kandungan bisdemetoksikurkumin ; R1 = R2 = H. Kandungan lainnya adalah : minyak atsiri/volatil oil (keton sesquiterpen, tumeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil), lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, Vitamin C 45-55%, garam mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium). Dengan kandungan berbagai senyawa yang berkhasiat, kunyit berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit diantaranya : Mencegah pembekuan darah, kurkumin yang terkandung dalam kunyitdapat digunakan sebagai anti kanker (kulit, payudara).kurkumin juga dapat berfungsi sebagai anti oksidan,Mengatasi gangguan pencernaan (mulas),Menurunkan kadar kolesterol,diabetes militustifus, keputihan, Demam, Eksim, Terlambat Haid,Memperlancar ASI, Amandel, CangkrangBerak lender, Menurunkan tekanan darah, Radang gusi. radang rahim.
online istana