Wasir / Ambein

Herbal Untuk Penyakit Wasir/Ambien

   

Penyakit Wasir

Secara anatomi, penyakit wasir bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah dianus berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan ini sebagai katup yang membantu otot-otot anus untuk menahan feses.

Ada 3 pembuluh darah dianus, jika terjadi suatu hal yang menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah, pembuluh adarh didaerah anus tersebut akan melebar dan membengkak, keadaan tersebut disebut wasir. Penyakit wasir bias mengalami peradangan. Peradangan dapat menyebabkan terbentuknya bekuan darah, pendarahan,atau membesar dan menonjolnya wasir ke luar. Wasir yang tetap berada dianus disebut dengan wasir dalam, dan wasir yang keluar dari anus disebut wasir luar.

 

Gejala – gejala penyakit wasir

Wasir bias ditandai dengan pendarahan yang tanpa disertai nyeri atau dengan nyeri yang sangat menyakitkan, namun secara umum gejala wasir seperti berikut :

  1. Gatal-gatal disekitar anus

Gatal ini terjadi karena ada area anus yang tidak benar-benar bersih setelah buang air. Pada area tersebut akan tumbuh bakteri yang menyebabkan gatal. Area ini bias mengalami iritasi dan infeksi hingga pendarahan.

  1. Pendarahan

Darah akan keluar bersama fesef dengan disertai nyeri atau tidak disertai nyeri. Biasanya darah yang keluar adalah darah segar dalam bentuk tetesan.

  1. Rasa mengganjal disekitar anus

Rasa mengganjal ini mungkin membuat penderita merasa bahwa ia belum selesai BAB sehingga mengejan lebih keras lagi. Jika ia terus mengejan lebih keras lagi, maka resiko wasir akan semakin parah, dan bias menyakitkan.

 

Penyebab penyakit wasir

Faktor genetic memegang peranan penting, teta;I disamping itu ada faktor lain sebagai penyebabnya, misalnya : susah buang air besar sehingga sering mengejan, terlalu lama duduk atau jongkok di kamar kecil, otot-otot dubur terlebih otot polos yang lebih tegang dari normal yang juga sering berkaitan dengan kondisi perasaan seseorang misalnya dalam keadaan stress, kelelahan dan sebagainya.

Kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormonal maupun tekanan janin, sering terjadi diakhir kehamilan, disamping itu, beberapa penyakit usus besar yang juga dapat meyebabkan timbulnya penyakit wasir.

Penyebab wasir yang lain adalah

  1. Mengangkat barang berat
  2. Terlalu banyak duduk
  3. Berdiri terlalu lama
  4. Kurang minum
  5. Kurang serat
  6. Diare menahun

 

Cara mencegah penyakit wasir adalah :

  1. Konsumsi nuah dan juga sayuran segar yang kandungan seratnya tinggi, makanan lunak dan jenis makanan yang teksturnya halus
  2. Hindari jebis makanan terlalu panas, pedas, asam, leras serta makanan yang mengandung lemak dan juga karbohidrat yang tinggi, hindari jenis makanan seperti goreng—gorengan , dging kambing, makanan yang dibakar dan makanan yang diawetkan.
  3. Hindarilah masalah sembelit atau susah buang air besa, mengejan terlalu keras dan jangan lama-lama didalam toilet karena akan menyebabkan tekanan berlebih pada anus.

 

Makanan penyebab wasir

  1. Makanan olahan

Makanan jenos ini dapat menyebakan wasir karena mengandung bahan pengawet seperti makanan beku, burger dan makanan berpengawet lainnya.

  1. Kafein

Ada beberapa makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti pada minumam kopi, the hitam dan coklat, makanan yang mengandung kafein membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan resiko sembelit.

  1. Manakan berminyak

Makanan penyebab wasir selanjutnya adalah makanan yang mengandung minyak atau makanan gorengan adalah makanan yang cenderung mengandung banyak minyak lemak jenuh dan minyak kandungan itulah yang dapat memperlambat proses pencernaan.

  1. Daging merah

Jika mengkonsumsi daging merah sebaiknya diseimbangkan dengan mengkonsumsi sayuran, karena untuk mencerna daging dengan sempurna diperlukan waktu sekitar 90jam. Sehingga mengganggu proses pencernaan, sehingga mengkonsumsi daging tanpa diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran dapat meningkatkan resiko wasir.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas disebut sebagai penyebab wasir karena pada saat bena di anus mengalami peradangan akibat tekanan, maka tekanan dipembuluh darah vena disebabkan oleh aktivitas mengejan ketika buang air besar. Makanan pedas sebagai penyebab wasir karena rasa panas yang ditinggalkan oleh makanan pedas dibagian anus setelah buang air besar.

  1. Produk susu

Susu merupakan salah satu makanan yang menyebabkan wasir, karena cara pengolahan susu sama dengan cara pengolaha keju, mentega dan es krim yang merupakan makanan yang rendah serat yang mempunyai titik jenuh sangat tinggi.

 

Pengobatan secara herbal untuk wasir

Salah satu cara yang paling tepat dan aman untuk mengobati penyakit wasir, adalah dengan menggunakan obat herbal  wasir. Obat herbal terbuat dari tanaman asli Indonesia yang sudah digunakan sebagai bahan obat oleh penduduk Indonesia jaman dulu. Tanaman herbal ini mengandung berbagai khasiat yang dapat mencegah dan mengobati penyakit wasir sehingga banyak digunakan oelh produsen obat-obatan untuk dijadikan bahan baku pembuatan obat herbal. Berbagai peneliti telah melakukan penelitian terhadap kandungan zat pada tanaman herbal sehingga obat herbal kini telah teruji secara klinis khasiatnya. Beberapa obat herbal untuk openyakit wasir diantaranya adalah :

  1. Hemoroid Herbal Wasir
  2. HIU Daun Ungu

 

 

online istana