Rahasia Rambut Sehat

Rambut juga memerlukan dan membutuhkan nutrisi agar rambut tumbuh menjadi rambut yang indah, sehat, berkilau, tebal dan lebat pastinya terhindar atau setidaknya mengurangi resiko dari kerontokan rambut dan masalah rambut lainnya. Tubuh dan rambut merupakan anggota tubuh yang sama-sama memerlukan nutrisi dan keseimbangan gizi yang mudah sekali didapat dari berbagai jenis makanan yang sehat dengan kandungan nilai gizi yang seimbang.

Rambut  menjadi salah satu penunjang penampilan untuk sebagian orang tidak hanya wanita namun pria juga. Kesehatan rambut menjadi salah satu daya tarik wanita, bahkan rambut sering kali disebut sebagai mahkota wanita yang sering menggunakan metode perawatan yang mahal. Meskipun demikian ternyata perawatan yang alami bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut

Alasan paling umum penyebab rambut rontok adalah kekurangan vitamin dalam tubuh, khususnya vitamin B. Jika tubuh mulai mendapatkan vitamin, maka rambut rontok akan terasa berkurang. Berikut ini vitamin penting untuk perawatan rambut rontok dan pertumbuhan rambut kembali:

Vitamin A

Antioksidan ini adalah apa yang akan membantu dalam sekresi sebum di kulit kepala yang sehat. Daging, produk susu, sayuran seperti wortel, kubis, bayam, buah-buahan seperti buah pepaya, aprikot dan minyak hati ikan merupakan sumber vitamin A. Vitamin A mengelola aliran asam retinoat (untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh) dalam folikel rambut dan juga terdapat dalam banyak produk perawatan rambut.

Vitamin B3 (Niacin)

Ini adalah vitamin lain yang membantu  sirkulasi didalam kulit kepala. Vitamin ini ditemukan dalam biji gandum, ragi, daging dan unggas.

Vitamin B5 (Asam pantotenat)

Dikenal juga sebagai kalsium pantotenat,  vitamin ini penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Hal ini terutama ditemukan dalam kuning telur, susu, hati, ginjal dan kentang.

Vitamin B6

Penting untuk produksi melanin, vitamin ini akan memastikan rambut yang mengkilat dan tetap sehat. Vitamin B6 banyak ditemukan dalam sereal gandum, kuning telur dan jerohan, tetapi jangan berlebihan karena jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan mati rasa pada tungkai.

Vitamin B12

Vitamin ini  ditemukan pada ikan, susu, telur dan ayam – juga membantu pencegahan rambut rontok. B12 itu sendiri merupakan bagian dari rambut.

Vitamin C

Untuk rambut sehat, vitamin C merupakan bagian integral. Buah jeruk seperti jeruk, lemon dan stroberi merupakan sumber yang paling umum untuk vitamin C. Sumber-sumber lain adalah kentang, paprika hijau dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C menyerap kandungan zat besi dalam tubuh kita,  dan asupan rata-rata harian vitamin C harus sampai 2500 mg.

Vitamin D

Asupan vitamin D mencegah rambut rontok secara efektif. Ini memperkuat sel-sel di sepanjang batang rambut sehingga perusahaan. Vitamin D juga dikenal sebagai vitamin dari sinar matahari, sumber terbesa adalah sinar matahari. Vitamin D dalam makanan terdapat pada produk susu, sayuran berdaun gelap dan makanan laut yang kaya minyak.

Vitamin E

Vitamin ini meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut. Biji mentah, minyak sayur, minyak gandum, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau adalah sumber yang besar  vitamin E alami. Ini akan merangsang folikel rambut dan meningkatkan kapiler dalam tubuh.

Biotin

Umumnya dikenal sebagai vitamin H, vitamin ini mencegah rambut dari beruban dan rontok. Semua biji-bijian, hati, susu dan beras ditemukan biotin.

Asam Folat

Asam folat atau Vitamin B9 adalah komponen larut air alami yang ditemukan dalam kadar air dalam makanan. Asam folat membantu meningkatkan jumlah RBC dan produksi DNA. Sumber makanan kaya folat termasuk jus jeruk, daging, sayuran berdaun hijau dan hati.

Seng/zinc

Mereka yang menderita kekurangan zinc kebanyakan mengalami kebotakan dan gangguan kulit kepala. Mineral zinc dapat diperoleh dari sumber makanan kaya seng seperti panggang daging sapi rendah lemak, labu panggang, semangka kering dan kacang. Zinc adalah mineral yang sangat penting dalam pertumbuhan rambut,  karena mempertahankan kandungan minyak di kulit kepala mencegah ketombe dan manfaat dengan memperkuat dan memperbaiki jaringan di kulit kepala.

L-Metionin dan sistein L-

Ini membantu dalam meningkatkan pertumbuhan, kualitas dan tekstur rambut dan sekaligus menghentikan rambut rontok. Mudah didapat dari makanan atau atau dari suplemen. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, karena jika overdosis apapun bisa berbahaya, atau menghasilkan efek samping.

Kolin

Kolin adalah nutrisi yang mengkoordinasikan keseimbangan stres. Kolin bila diberikan pada pasien botak, maka akan bekerja sebagai keajaiban bagi mereka. Kolin adalah bagian dari vitamin B-kompleks , dan akan menstabilkan membran sel yang disebabkan oleh kolesterol yang teroksidasi yang tersimpan di kulit kepala.

 

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah rambut berdasarkan jenis masalah yang dialami oleh rambut.

  • Penyebab rambut lepek

Rambut lepek diakibatkan karena produksi minyak yang berlebih pada rambut yang tipis. Minyak berlebih ini menyebabkan rambut terlihat tidak mengembang atau lepek.

Cara mengatasi rambut lepek
Gunakan shampo yang diperuntukan untuk rambut normal atau berminyak agar minyak pada kepala dapat dikurangi. Saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Lalu sesuaikan model rambut, misalnya dengan mengeriting rambut agar terlihat lebih bervolume. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan setelah dikeriting.

 

  • Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang
Rambut bercabang disebabkan karena rambut yang kering. Rambut bisa kering jika Anda sering menggunakan perangkat yang menimbulkan panas pada rambut seperti hair dryer dan curling iron.

Cara mengatasi rambut bercabang
Agar rambut tidak kering dan bercabang, gunakan pelembab setelah keramas atau sebelum menggunakan hair dryer dan curling iron. Jangan biarkan rambut terjemur sinar matahari secara berlebihan. Gunting bagian bawah rambut yang bercabang atau melakukan triming secara teratur.

 

  • Rambut Mudah Patah

Penyebab rambut patah
Rambut yang rapuh dan mudah patah disebabkan kurangnya konsumsi protein.
Penyebab lainnya yang umum terjadi karena kesalahan pada saat menyisir rambut atau menata rambut.

Cara mengatasi rambut patah
Tingkatkan konsumsi kacang tanah, almond, polong-polongan, gandum, telur, susu, keju, atau daging merah. Coba gunakan sisir kayu atau yang lembut dan hindari untuk menyisir rambut telalu keras. Bila Anda sering menggunakan hair dryer, perhatikan teknik penggunaannya agar tidak merusak rambut.

 

  • Rambut Keriting dan Kusut

Rambut kusut memang tidak enak dilihat. Agar mudah diatur dan tidak kusut, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan. Berikan pelembab pada rambut agar rambut terasa licin dan tidak kusut.

Rambut Kaku dan Sulit Diatur

Untuk masalah rambut kaku dan sulit diatur, gunakan kondisioner setelah keramas. Cara lain adalah dengan memilih model rambut yang memakai teknik penipisan atau tekturisasi sehingga rambut tidak terlihat terlalu kaku.

 

  • Rambut Bersih dan Rapi

Setiap orang mungkin merasa khawatir sewaktu mendapati uban di kepala, rambut yang rontok, ketombe, dan berbagai masalah rambut. Banyak pilihan untuk mengatasinya. Dari cara mudah seperti menyemir rambut hingga menggunakan perawatan dan pengobatan tertentu.

Memberi nutrisi yang baik kepada tubuh dan rambut Anda serta memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala sangat penting. Namun yang terpenting adalah menjaga rambut tetap bersih dan rapi.

 

Perawatan rambut yang benar agar tidak mudah rusak, kering maupun bercabang:

1. Membersihkan Rambut

Bersihkan rambut Anda setiap hari atau setiap dua hari sekali menggunakan shampo yang mengandung vitamin E. Vitamin ini sangat baik untuk memperbaiki rambut rusak. Pastikan Anda membersihkan sisa shampo saat membilas rambut dengan air dingin.

2. Gunakan Kondisioner Rambut

Sekali dalam seminggu, gunakan kondisioner setelah keramas dengan shampo lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya. Pastikan tidak ada kondisioner yang tersisa saat membilas rambut. Saat menggunakan kondisioner, pastikan tidak mengenai kulit kepala karena akan membuat rambut lepek dan berminyak.

3. Cuka Apel

Cuka Apel mengurangi rambut rusak dan membuatnya menjadi lebih halus. Campurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air. Oleskan campuran ke rambut, setelah keramas, saat rambut masih basah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. Untuk menghilangkan aroma yang menyengat dari cuka apel, Anda bisa memulaskan kondisioner di ujung-ujung rambut. Lakukanlah perawatan ini dua kali sehari, untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Mayones

Asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut dan bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Biarkan mayones meresap kedalam rambut selama 15 - 20 menit. Kemudian bilas dengan shampo bayi atau herbal.

5. Minyak Alami

Gunakan minyak alami pada rambut seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak almond untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan rambut. Caranya dengan mengaplikasikan minyak alami pada rambut setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 15 - 20 menit. Lalu bilas rambut hingga bersih.

6. Minyak Zaitun

Sekali dalam dua minggu, aplikasikan minyak zaitun hangat pada rambut yang basah sebelum berkeramas. Biarkan selama lima menit, kemudian berkeramaslah dengan shampo seperti biasa. Untuk menghangatkan minyak zaitun, gunakanlah microwave.

7. Jangan Menggosok

Saat mengeringkan rambut, sebaiknya remaslah rambut dengan handuk daripada menggosoknya dengan handuk. Menggosok rambut menyebabkan gesekan yang dapat membuat kerusakan lebih lanjut pada lapisan terluar rambut.

8. Menyisir Rambut

Gunakan sisir rambut bergigi lebar untuk menyisir. Tidak perlu menyisir rambut berkali-kali, cukup lakukan hingga rambut tidak kusut lagi.

9. Gel Lidah Buaya

Jika Anda ingin membuat rambut menjadi klimis (wet look), pakailah gel aloe vera daripada gel rambut. Aloe vera murni yang tidak mengandung alkohol dapat membantu memperbaiki rambut. Gel aloe vera bisa Anda dapatkan di toko-toko obat terkemuka.

10. Hindari Pengering Rambut

Sebisa mungkin hindari pengeringan rambut dengan cara dipanaskan. Cara ini dapat membuat rambut menjadi stres yang berujung pada kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara dikipas atau diangini.

11. Vitamin B

Konsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

12. Memotong Rambut

Potonglah rambut secara reguler. Satu-satunya cara untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotongnya.

Menjaga Kesehtan Rambut dengan Herbal

MINYAK KEMIRI AL KHODRY memiliki banyak fungsi selain untuk rambut kepala seperti menyuburkan rambut jenggot, jambang, kumis, menebal bulu alis mata, menyuburkan rambut balita yang tipis dan merangsang pertumbuhan rambur di sekujur tubuh.


Komposisi:

  • Minyak Kemiri
  • Minyak Zaitun
  • Minyak Biji Bunga Matahari
  • Vitamin E
  • Vitamin A
  • Omega 6
  • Omega 9
  • Omega 3

Manfaat : 

  • Sebagai suplemen dan nutrisi kulit kepala dan akar rambut agar rambut kuat dan tak gampang rontok.
  • Sebagai obat alami penghitam rambut.
  • Menguat akar dan menyuburkan rambut.
  • Mencegah kebotakan.
  • Membantu Menumbuhkan rambu kepala yang botak.
  • Bisa menumbuhkan bulu bulu halus.
  • Menebalkan dan membuat lebat bulu jambang.
  • Melebatkan bulu alis.
  • Melebatkan bulut rambut kumis.
  • Sebagai penghitam rambut jengot.
  • Membantu menumbuhkan jenggot.
  • Membantu menumbuhkan, melebabtkan serta penghitam bulu bulu tubuh yang lainnya
  • Membantu mempercepat menumbuhkan rambut bayi, melebatkan dan menebalkannya.

 

Untuk pemesanan silahkan hubungi :

    Atau datang langsung ke alamat kami :

    • Kantor Solo: Jl Ahmad Yani, Ruko Pabelan No 1, (Pojok bangjo UMS) Pabelan Kartasura , Jawa Tengah. 
      Telp : 0271-718951/ 087836015767
       

    • Kantor Yogyakarta: Jl. Kaliurang Km 4,5, Timur Kampus MM UGM 

      Telp: 087838231155 

    • Kantor Jakarta: Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. 
      Telp : 081908427320

    • Kantor Malang : Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

      Telp: 087753373281

    online istana