penyakit liver

Mengenal Sebab dan Gejala Sakit Liver

Pola makan anda tidak teratur dan tidak seimbang. Aktifitas super sibuk dan berolahraga berlebihan tanpa memperhatikan keseimbangan gizi maka akan mengancam liver anda. Tidak hanya itu ada beberapa sebab yang dapat mengancam liver  anda diantaranya mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higenis, minum alkohol berlebihan, minum obat-obatan kimia yang berlebihan.

Organ liver  memilki peran teramat penting dalam tubuh. Memiliki fungsi bermacam- macam sebagai pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan mineral-mineral, seperti zat besi, kalium dan tembaga, penyimpanan cadangan air, dan tempat pembakaran gula serta pembentukan kolesterol.  Selain itu organ ini juga mengubah lemak menjadi asam lemak. Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalamtubuh akan dibuang ke  hati bersama cairan empedu menuju usus.

Anda juga perlu mengetahui gejala saat liver anda mulai terganggu yaitu; mudah lesu dan letih, mengalami depresi, nyeri disisi kanan perut, hilangnya nafsu makan,  mual muntah dan diare, warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan, kadang persendian terasa nyeri, air seni berwarna gelap seperti air teh.

Menjaga liver agar tetap sehat dibutuhkan makanan alami yaitu temulawak. Temulawak (curcuma xanthorriza) yang berasal dari family Zingiberaceae. Temulawak ini mampu meningkatkan aktfitas Gluthatione S-transferase (GST) serta kelompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang memiliki peran penting sebagai detoksifikasi dan antioksidan. Sekarang tersedia dalam bentuk ekstrak obat herbal temulawak.

krida prasetia

Leave a comment