Kesuburan Wanita

Bagus atau tidaknya kesuburan pada wanita akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan kehamilan / keturunan sehingga jika wanita sulit hamil sudah pasti ada masalah pada kesuburannya. Hal yang menyebabkan kesuburan terganggu bisa disebabkan karena adanya penyakit seperti kista / miom / tumor pada ovarium , karena adanya gangguan hormonal pada wanita. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita :

  1. Penyumbatan Pada Sel Telur / Tuba Falopi.

Sumbatan saluran telur disebabkan antara lain adanya perlengketan pada sekitar saluran telur, hal ini sebagai akibat dari pernah terkena IMS dan radang panggul sehingga menghambat pertemuan sel telur dengan sperma.

  1. Kelainan Hormon.

Kekurangan hormon lutein dan hormon perangsang folikel dapat menyebabkan sel telur tidak dapat dilepaskan (ovulasi).

  1. Haid Tidak Teratur / Suka Nyeri Saat Haid atau Menjelang Haid

Salahsatu faktor terjadinya gangguan kesuburan pada wanita adalah karena adanya gangguan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron sehingga haid tidak teratur ataupun suka nyeri saat haid / menjelang haid.

  1. Berat Badan Tidak ideal

Berat badan yang tidak seimbang dapat mengganggu kesuburan perempuan, karena tubuh memerlukan 17% dari lemak tubuh di awal masa siklus haid, dan 22% di sepanjang siklus haid. Lemak tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon estrogen

  1. Mengalami PCOS ( Polycystic Ovary Syndrome )

Sindroma ini ditandai banyaknya kista ovarium dan produksi androgen (hormon laki-laki) berlebihan, terutama testosteron. Akibatnya, sel telur sulit matang dan terjebak di folikel (tidak ovulasi).

  1. Menopause Prematur / Menopause Dini

Menopause prematur terjadi bila wanita berhenti menstruasi dan folikel ovariumnya menyusut sebelum usia 40 tahun. Kelainan imunitas, radioterapi, kemoterapi dan merokok dapat memicu kelainan ini.

  1. Olahraga Yang Terlalu Keras

Peneliti menemukan bahwa wanita yang berolahraga setiap hari memiliki risiko 3,5 kali lebih besar mengalami gangguan kesuburan.

  1. Merokok Merokok dapat membahayakan ovarium dan mengurangi jumlah atau kualitas sel telur. Riset menunjukkan wanita perokok cenderung mengalami menopause lebih awal.

 

Cara untuk meningkatkan kesuburan, yaitu

  1. Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan

Makanan sehat bermanfaat bagi tubuh anda, juga memberikan manfaat bagi kesuburan anda, jenis makanan yang anda butuhkan adalah makanan yang kaya akan

  • Asam folat

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan proses ovulasi. Bahan makanan yang kaya asam folat diantaranya adalah asparagus, bayam, jagung, kacang hijau, dan buah-buahan seperti pepaya, jeruk, dan alpukat.

  • Zat besi

Zat besi memberikan pengaruh pada kualitas sel telur. Anda dapat menambah asupan zat besi dengan mengkonsumsi bayam, kacang tanah, dan kentang.

  • Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kualitas sel telur, dan makanan yang kaya akan vitamin E atau tokoferol  diantaranya adalah sawi, paprika merah, dan biji bunga matahari.

            2.  Memiliki aktifitas yang tetap dan rutin

      Penelitian membuktikan bahwa perempuan yang aktif lebih memiliki peluang untuk hamil dibanding mereka yang kurang beraktifitas.

               3. Menjaga kualitas istirahat

      Kualitas istirahat bepengaruh pada kesehatan dan tingkat stress, dan stress menyebabkan perempuan sulit untuk hamil, untuk dapat cepat hamil, pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya dan hindarkan diri anda dari stress.

                4.  Jauhi 5 hal ini

      Rokok, alkohol, narkoba, junk food, dan kafein dipercaya memperburuk tingkat kesuburan pada perempuan, walaupun tidak berpengaruh secara langsung pada sel telur, namun karena tidak ada manfaatnya sama sekali, sebaiknya anda menghindari 5 hal tersebut.

               5. Lakukan diet sehat

      Ukuran tubuh dipercaya juga berpengaruh pada peluang untuk hamil. Lemak tubuh menghasilkan hormon estrogen yang berdampak pada proses ovulasi, pastikan untuk menjaga berat tubuh anda salah satunya dengan rutin berolahraga, dan cek berat tubuh anda menggunakan rumus menghitung berat badan ideal.
      selain cara-cara diatas anda dapat mengkonsumsi vitamin ataupun obat-obatan herbal untuk meningkatkan kesuburan anda. diantaranya mengkonsumsi Gen Subur yang mengandung :

       1. Tanaman Baru Cina yang bermanfaat sebagai : Menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada menstruasi, (Dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur. Mencegah keguguran (Threatened abortion), pergerakan janin berlebihan. Dysentery, keputihan. Mempermudah persalinan, susah punya anak. Muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaxis), perdarahan usus(rectal haemorrhgia).

      2. Adas : Buah adas yang telah diekstrak atau disuling biasanya berbentuk butiran serbuk, yang memiliki sensasi rasa manis dan pahit, dalam industri obat-obatan serbuk adas ini biasanya digunakan sebagai pengharum ramuan dan untuk memperbaiki rasa, disamping itu adas juga memilki khasiat yang tidak kalah pentingnya seperti : Merangsang organ pencernaan agar tetap sehat dan bekerja optimal, dapat melancarkan buang air besar ( BAB ), mengobati masuk angin, membantu mengeluarkan dahak yang kental pada penderita batuk, menghangatkan badan, penambah nafsu makan, melancarkan haid yang tidak teratur, dan juga dapat mengobati masalah gangguan tidur ( Imsomnia ).

      3. Pegagan : Berikut ini beberapa kahasiat pegagan yang sudah diakui

      • Antilepra dan antilupa.
      • Menurunkan tekanan darah dan menghambat terjadinya keloid.
      • Menurunkan gejala depresi, mencegah varises, dan mempelancar air seni.
      • Mengatasi gangguan pencernaan dan membersikan darah.
      • Mengatasi wasir dan konstipasi
      • Menyembuhkan flu dan sinusitis
      • Mengatasi TBS kilit, gigitan ular, dan bisul.

      4. Kunir Putih  :Kunir Putih atau curcuma zedoaria berkhasita untuk menyembuhkan penyakit kembung dan anti oksidan atau obat kanker. Khasiat anti oksidan didapat dari imunomodulator, zat ini mampu memperbanyak jumlah limfosit,meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi spesifik.Penggunaan kunir putih dengan diparut lalu hasil parutan diperas dan airnya diminum. Namun, salah satu dampak negatif dari kunir putih adalah mengurangi kemampuan sel darah putih.

      5. Daun Meniran :

      • Meningkatkan Trombosit Darah

      Meniran yang dalam bahasa Latin dikenal dengan sebutan "Phyllanthus Urinaria" yang mempunyai batang berwarna hijau kemerahan. Tumbuhan ini memiliki kandungan yang bisa meningkatkan trombosit darah, sehingga cocok menjadi obat alternatif bagi penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).  Lima orang Peneliti Muda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang melakukan penelitian terkait kandungan Meniran itu.

      Meniran juga sudah terbukti secara ilmiah ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain mengobati penyakit hepatitis, gangguan saluran pernapasan, kencing manis, penyakit kuning, dan diare.

      • Cegah Influenza 

      Pemberian Phyllanthus niruri atau ekstrak meniran bersamaan dengan multivitamin dapat mengurangi risiko Penyakit influenza-like illness (ILI) pada jemaah haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji.

      Demikian paparan DR.Masdalina Pane, SKM, MKes dan koleganya yang meneliti khasiat meniran untuk mencegah ILI pada jemaah haji Indonesia dari subdirektorat kesehatan haji Depkes RI di Jakarta, Senin (30/03).

      Sementara itu peneliti sub bagian patologi Universitas Airlangga, DR.Drs.Suprapto Maat, MS.Apoteker pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa ekstrak tanaman Phyllantus niruri telah dibuktikan secara klinis oleh peneliti yang bernama Thabrew dapat meningkatkan aktivitas sistem komplemen melalui jalur klasik yang pada akhirnya dapat meningkatkan sitotoksisitas sel natural killer (NK) untuk menambah daya tahan tubuh.

      • Bantu Penderita HIV / AIDS

      PARA penderita HIV/AIDS kini mendapat sebuah harapan baru dalam meningkatkan kesembuhan. Berdasarkan hasil temuan awal dari Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, peluang penderita HIV/AIDS untuk sembuh semakin meningkat dengan mengombinasikan pengobatan antiretroviral dengan terapi adjuvant menggunakan ektrak meniran atau phylanthus.

      online istana