Meningkatkan Kecerdasan Otak


    Otak yang dimiliki manusia berperan penting dalam kehidupan, sehingga meningkatkan kecerdasan otak itu suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Otak memiliki fungsi yang banyak seperti: mengatur, mengontrol, menjalankan, menggerakkan dan banyak yang lainnya, bahkan seluruh anggota atau organ tubuh sangat dipengaruhi oleh kondisi otak.

    Oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan otak yang mendukung dalam diri anda agar bias menghasilkan tingkat konsentrasi yang tinggi dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

     

    Dalam kehidupan sehari-hari ada kegiatan yang dapat meningkkatkan kecerdasan otak diantaranya :

    • Meditasi.

      Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

       

      • Mendengarkan musik. 
      Teori bahwa mendengarkan musik merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak sudah lama diyakini banyak orang. Anda mungkin pernah dengar tentang “Mozart Effect”, yang menyarankan mendengarkan musik klasik supaya lebih pintar. Memang, mendengarkan musik dapat meningkatkan tingkat kognitif dan kemampuan verbal. Mendengarkan musik juga diyakini sanggup meningkatkan konsentrasi.

        • Tidur yang cukup dan teratur

        Hendaknya anda bisa mengatur pola tidur anda secara teratur. Dan perlu anda tahu, Bahwa otak juga memerlukan istirahat layaknya seperti tubuh anda. dengan cara menerapkan waktu tidur  8 jam setiap hari, Maka hal demikian dapat menstabilkan kinerja otak. Sehingga otak bisa bekerja secara maksimal ketika keesokan harinya anda melakukan segala aktifitas. Namun apabila anda kurang tidur, Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh anda, Tentunya sangat mengganggu kecerdasan dan konsentrasi anda.

         

        • Bermain teka-teki

        Bermain teka-teki layaknya beberapa permainan yang bisa memicu otak anda tetap aktif. Aktifitas ini memang bisa diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan  pada otak anda. Karena bila anda membiarkan otak tidak bekerja terlalu lama, Maka hal itu akan membuat diri anda menjadi malas untuk bepikir. Sehingga kecerdasan dalam otak anda tidak terpupuk, dan lambat laun akan melemah.

         

        • Olah raga

        Selain menjadikan tubuh anda tetap sehat, Olah raga juga bisa meningkatkan kecerdasan pada otak anda. Karena dengan berolahraga, Maka aliran darah ke otak bisa lebih lancar, Sehingga hal itu dapat memicu kinerja otak bisa lebih maksimal dan meningkatkan kecerdasan pada otak anda. Gaya hidup yang sehat ini, Ada baiknya bisa anda terapkan mulai dari sekarang.

         

        • Senantiasa Membaca

        Dengan membaca, Anda jadi terpacu untuk menggambarkan teks-teks yang Anda baca. Otomatis, otak Anda akan "memanggil" informasi terdahulu, untuk dikaitkan dengan informasi yang tengah Anda konsumsi (bacaaan yang dibaca).

         

        •  Masak seperti orang Italia. 

        Maksudnya bukan pizza, tetapi orang Italia menyukai ikan-ikanan, sayuran yang dituangkan minyak zaitun, dan hanya makan sedikit daging merah. Seraya usia bertambah, otak bisa jadi mulai mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan kesulitan berpikir dan mengingat. Namun pola makan Mediterania (seperti orang Italia) sanggup menurunkan sebanyak 36 persen risiko untuk mengalami kerusakan tersebut.

         

        • Bernafas melalui Hidung
        Cobalah mengambil napas dalam-dalam melalui hidung. Hal ini akan meningkatkankadar oksigen dalam darah, dan otak. Anda tidak akan bisa berjalan untuk waktu yang lama jika Anda tidak memiliki cukup oksigen bukan? Otak Anda mempunyai kebutuhanyang sama dan pernapasan yang benar adalah cara yang baik untuk membantukonsentrasi dan meningkatkan kecerdasan.

          • Mengkonsumsi kacang-kacangan. 
          Kacang-kacangan mengandung magnesium yang limpah—mineral yang dikaitkan dengan peningkatan memori jangka pendek dan jangka panjang. Berdasarkan riset dari MIT dan Tsinghua University di Beijing, magnesium tampaknya dapat memperbaiki ikatan antara sel-sel otak.

             

            online istana