Penyakit Ginjal

Penyakit Pada Ginjal Malang

Penyakit Ginjal 

Mempunyai tubuh yang sehat dan prima merupakan impian setiap orang. selain penampilan, kesehatan tubuh jauh lebih penting karena terjadi sedikit saja masalah dengan anggota tubuh kita maka pekerjaan kita sehari-hari mampu terbengkalai. Salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap gangguan ataupun masalah adalah ginjal.

Seperti yang sudah diketahui, ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dalam tubuh sehingga jika terjadi sedikit masalah zat-zat tersebut akan menumpuk dan menjadikan berbagai penyakit dalam tubuh.

Namun jika ginjal rusak kedua duanya dan ini akan berakibat sangat fatal karena urea akan tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan kematian.

Berikut adalah beberapa kelainan dan penyakit pada ginjal:

  • Batu ginjal

Kita sering kali mendengar beberapa orang yang terkena batu ginjal ? tahukah anda penyebab orang mengalami sakit batu hinjal ini terjadi karena adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri.

Bagaimana cara mengatasi penyakit batu ginjal ? Batu ginjal dapat di atasi dengan pembedahan dan sinar laser. Tujuan dari pembedahan untuk membuang endapan garam kalium. Tujuan menggunakan sinar laser untuk memecahkan endapan garam kalsiumnya.

  •  Gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi jika salah satu ginjal tidak berfungsi. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih oleh ginjal lain. Tetapi, keadaan ini akan tetap menimbulkan resiko yang sangat tinggi. Mengapa dikatakan seperti itu ? sebab menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan menyebabkan kematian.

Gejala yang umum adalah tidak terjadinya pembentukan urine yang disebut anuria. gejala ini dapat menimbulkan uremia, yaitu terbawanya urine ke dalam aliran darah karena adanya kebocoran pada salah satu saluran dalam neforn. Dokter menganjurkan penderita gagal ginjal untuk melakukan cuci darah atau cangkok ginjal.

  • Radang Ginjal (Nefritis)

Radang ginjal disebut juga nefritis. Radang ginjal terjadi karena adanya kerusakan pada nefron, khususnya glomerulus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Rusaknya nefron mengakibatkan urine masuk kembali kedalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan pada daerah kaki.

Nefritis terkadang disebabkan adanya bakteri Streptococcus. Penderita nefritis dapat disembuhkan dengan cangkokkan ginjal atau dengan cuci darah secara rutin. Cuci darah terkadang dilakukan sampai penderita mendapatkan donor ginjal yang memiliki kesesuaian jaringan dengan organ penderita.


  • Glukosuria

Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit glukosuria sering juga disebut dengan penyakit gula atau Kencing manis (Diabetes mellitus). Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali sehingga kelebihan glukosa dan terbuang bersama urine.

  • Hematuria

Hematuria merupakan penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal


  • Albuminuria

Merupakan penyakit yang ditujukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebabnya yaitu karena adanya kerusakan pada alat filtrasi.

  • Nefritis Glomerulus

Nefritis glomerulus merupakan radang membran filtrasi glomerulus di dalam korpuskulum renalis. Penyebab radang secara umum adalah reaksi alergi terhadap racun yang dilepaskan oleh bakteri streptococcus yang menginfeksi bagan tubuh lain, khususnya tenggorokan. Penyakit ini ditandai dengan kenaikan permaebilitas membran filtrasi dan akumulasi sel sel darah putih di daerah membran filtrasi. Akibatnya, sejumlah besar protein plasma memasuki urine. Keberadaan protein plasma meningkatkan tekanan osmotik filtrat urine, sehingga volume urine meningkat dan menyebabkan gagal ginjal.

  •  Sistisis

Sistisis adalah radang pada kantung kemih terutama bagian mukosa dan sub mukosa. Sistisis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, zat kimia, atau luka.

  •  Pielonefritis

Pielonefritis adalah radang seluruh bagian ginjal. Kerusakan ini sering dimulai dengan infeksi bakteri pada pelvis ginjal dan kemudian melebar ke bagian utama ginjal

  •  Ketosis

 

Ketosis adalah ditemukannya senyawa keton di dalam darah. hal ini dapat terjadi pada orang yang melakukan diet karbohidrat.

  •  Diabetes insipidus

Diabetes insipidus terjadi karena tubuh kekurangan hormon antidiuretik (ADH), sehingga pengeluaran urine berlebih. Penyakit ini diatasi dengan pemberian ADH sintetis melalui suntikan, dihirup, atau pun tablet.

  •  Penyakit Polisistik

Penyakit ini bisa disebabkan karena kerusakan sistem saluran ginjal yang merusak nefron dan menghasilkan pembesaran seperti kista (Benjolan) sepanjang saluran ini. Kerusakan ginjal ini umumnya bersifat menurun.

  • Anuria

Adalah kegagalan ginjal dalam mensekresikan urine, diseabkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi atau radang glomerulus sehingga plasma darah tidak dapat masuk ke glomerulus.

 

Tanda-tanda penyakit Ginjal:

  • Anda lebih lelah dan sulit berkonsentrasi

Penurunan berat pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini akan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Anda akan merasa lebih lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga bisa membawa Anda untuk menderita anemia yang juga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

  • Anda mengalami kesulitan tidur

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun akan menetap di dalam darah. Hal itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit ginjal punya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, bahkan apnea tidur akan lebih sering terjadi pada orang-orang mengidap penyakit ini.

  • Anda memiliki kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat bisa bekerja menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, menjaga tulang kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah.

Kulit kering dan gatal dapat menjadi tanda dari penyakit kurangnya mineral. Bila ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah, makan Anda akan mengalami kulit kering.

  • Buang air kecil lebih sering

Sering buang air kecil terutama pada malam hari bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

  • Kencing berdarah

Ginjal yang sehat adalah ginjal yang bisa menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun, ketika ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa "bocor" keluar ke dalam urin. Selain tanda penyakit ginjal, kencing berdarah juga dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

  • Urin berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin terutama saat Anda menyiram toilet bisa menunjukkan protein dalam urin. Protein yang umum ditemukan dalam air seni adalah albumin, protein yang sama seperti dalam telur.

  • Anda mengalami bengkak di sekitar mata

Protein dalam urin merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak yang memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata Anda bisa diakibatkan karena sejumlah protein dalam urin mengalami kebocoran.

  • Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Fungsi ginjal dapat menurunkan menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kronis pada kaki.

  • Nafsu makan yang buruk

Ini adalah gejala yang sangat umum. Tapi penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebab.

  • Mengalami kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dan kram dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kram otot.

 

Tips Mencegah Penyakit Ginjal Sejak Dini

  • Menjaga kesehatan ginjal memang sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi setiap orang. salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah selalu mengontrol tekanan darah Anda. Pasalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sudah kronis ternyata bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal terutama pada orang dewasa.
  • Selain itu jika Anda punya kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan yang mengganggu kesehatan tersebut. Pasalnya kebiasaan merokok ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit ginjal atau bahkan penyakit hipertensi kronis yang akhirnya juga akan berujung pada penyakit ginjal. Banyak mengonsumsi air putih. Dalam sehari usahakan Anda memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per harinya.

 

Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Kumis Kucing

Kumis kucing

Hasil gambar untuk manfaat kumis kucing untuk ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan adanya bukti ilmiah penggunaan kumis kucing dalam pengobatan batu ginjal dan asam urat. Gangguan pemecahan asam urat juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Tanaman yang bernama latin Orthosiphon stamineusini diduga dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan serta mengekskresi natrium dan ion lainnya keluar dari tubuh bersama urin. Pada percobaan terhadap tikus, kumis kucing juga diduga mampu mengurangi kadar asam urat.

Daun kumis kucing mengandung beberapa zat aktif yang bermanfaat sebagai obat sepert zat rosmarinic acid, sinensetin, orthosiphon, orthosiphal dan lipophilic flavonoids. Zat-zat tersebut memiliki manfaat sebagai antioksidan dan anti radang / inflamasi. Dalam pengobatan tradisional daun ini berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Cara kerja dari daun ini sebagai diuretik, membersihkan dan mencuci saluran kencing, selain itu juga bermanfaat untuk mengobati peradangan pada ginjal, sdaluran kemih dan kandung kemih. 

 

Kapsul Herbal Indo Utama Daun Kumis Kucing

Herbal kumis kucing HIU diproduksi oleh Herbal Indo Utama yang sangat berkompeten dalam penanganannya. Herbal ini diuji oleh para ahli herbal sehingga kandungan manfaatnya tidak berkurang dan sesuai takaran yang pas sehingga dapat diminum secara aman dan tanpa efek samping. 

Manfaat Herbal Kumis Kucing HIU

  • Meluruhkan batu ginjal pada saluran kencing
  • Meluruhkan batu empedu yang terdapat pada empedu
  • Menurunkan asam urat pada ginjal penyebab batu ginjal
  • Mengatasi kencing manis
  • meringankan perawatan penyakit reumatik
  • meringankan perawatan penyakit radang ginjal
  • Mengobati sipilis
  • Melancarkan air kencing

*Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Komposisi : Ekstrak daun kumis kucing 200 mg

Cara Minum : 3 kali sehari @ 1-3 kapsul

*Apabila tidak ada perubahan setelah pengkonsumsian 3 botol, segera hubungi dokter. Sebaiknya dimbangi minum air putih sedikitnya 2 liter dalam sehari untuk hasil yang sempurna.

 

Cara Pemesanan :

  • Melalui Website kami di www.istana-herbal.comSilahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"
  • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut :

Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah

Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 082338745875 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

  •  Email (istana.herbal.it@gmail.com)

Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

  • Blakberry Messengger 

Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

  • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

customer_istanaherbal@yahoo.com

     

    Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

    • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

    Telp : 081393930088

    • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

    Telp : 087838231155

    • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

    Telp: 087753373281

    • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

    Telp : 081908427320

     

    Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


    - Bank Central Asia KCU Solo
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 0152693506



    - Bank Mandiri Cabang Kartasura
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 138-00-073-5269-8



    - Bank Negara Indonesia Cabang
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 0198117897



    - Bank Rakyat Indonesia Cabang
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 66-4701-00000-6507



    Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

     

    Pelayana Kami
    Kami akan selalu siap melayani Anda
    Email : istana.herbal.it@gmailcom
    Order respon cepat whatsApp : 081393930088
    Telp : (0271) 7451424
    baca Selengkapnya

    Obat Herbal Ginjal Bengkak

    Pembengkakan pada ginjal biasanya disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan, kekurangan darah, infeksi berat, dan zat kimia. Sehingga penyumbatan yang terjadi mengakibtkan ginjal ini menjadi bengkak. Ginjal yang bengkak akan menimbulkan kerusakan fungsi ginjal. Jika tidak diobati ginjal bengkak (kaliektasis/hidronefrosis) akan menyebabkan kerusakan ginjal dan bisa terjadi gagal ginjal. Sebaiknya segera didiagnostik dan dilakukan tindakan medis atau pun operatif.

    Penyebab ginjal bengkak 

    Satu dari banyak faktor pembengkakan ginjal adalah karena adanya sumbatan pada satu atau kedua ginjal, terutama batu ginjal.  berikut ini beberapa faktor penyebab pembengkakan ginjal : 
    • Adanya tumor ginjal
    • penyempitan ureter
    • trauma ginjal
    • sumbatan pada ureter
    • adanya bekuan darah yang menyebabkan sumbatan pada aliran ginjal
    • batu ginjal

    Gejala Pembengkakan Ginjal

    • Perut kembung
    • Demam
    • Warna Urine berubah
    • Pinggang terasa sakit
    • Kaki dan mata bengkak
    • Sakit saat buang air kecil

    Pengobatan Pembengkakan Ginjal

    Tergantung pada penyakit yang mendasari terjadinya pembengkakan ginjal, jika penyebabnya karena batu pada saluran kemih maka perlu dilakukan terapi untuk menghancurkan batu tersebut bisa dengan pengobatan Medikamentosa (obat-obatan) hingga tindakan bedah.  Jika penyebabnya karena infeksi saluran kemih maka perlu diberikan pengobatan antibiotik, begitu juga jika penyebab pembengkakan karena tumor, kista. Harus cepat dan tepat dalam menangani penyakit ini.
    Selain dengan obat-obatan dan tindakna medis pembengkakan ginjal dapat diobati dengan cara herbal yaitu dengan memanfaatkan tanaman obat-obatan herbal untuk menyembuhkan penyakit. banyak sekali tanaman hernal yang digunakan untuk mengobati penyakit salah satunya pegagan. Karena kandungan senyawa yang ada dalam pegagan begitu baik maka pegagan berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal. Kini telah hadir ekstrak pegagan dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Kapsul ekstrak pegagan   memiliki sifat tonik, anti-infeksi, anti-toksik, meluruhkan kemih/air seni (diuretik ringan), membersihkan darah dari racun, meredakan demam (antipiretik), sebagai penenang (sedatif), mepercepat penyembuhan luka dan millenrian pembuluh darah tepi (vasodilator perifer). Oleh sebab itu pegagan banyak dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ginjal. 

    Mencegah Pembengkakan Ginjal 

    • Menerapkan gaya hidup sehat
    • Berhenti merokok
    • Kendalikan berat badan
    • Perhatikan kadar koesterol
    • Mencukupi kebutuhan air untuk tubuh setiap hari
    baca Selengkapnya

    Penyebab Kanker Ginjal

    Kanker ginjal adalah penyakit dimana terdapat sel-sel kanker pada ginjal. Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang yang terletak di atas pinggang pada kedua sisi tulang belakang. Fungsi utama ginjal adalah menyaring darah dan menghasilkan urin yang mana merupakan hasil proses pembersihan tubuh dari limbah, racun dan air yang berlebih. 
    KANKER ginjal adalah sebuah kelainan pertumbuhan sel-sel ginjal (abnormal) karena sel-sel ginjal memperbanyak diri tak terkontrol.  Pertumbuhan sel-sel tersebut tidak diperlukan oleh tubuh dan membentuk massa atau jaringan yang mengganggu dan kemudian dikenal sebagai tumor atau kanker.

    Jenis Kanker Ginjal

    Ada 3 (tiga) macam kanker ginjal, yaitu

    • Karsinoma sel-sel ginjal. Yaitu kanker ginjal yang paling sering terjadi pada manusia, sekitar hampir 90% dari kasus penderita kanker ginjal.
    • Karsinoma sel transisional. kanker ginjal yang terjadi pada pria usia 50 tahun ke atasKanker Tumor Wilms
    • yang menyerang secara herediter pada anak-anak.

     

    Stadium Kanker Ginjal 

    Kanker ginjal sendiri memiliki 4 (empat) stadium kanker. Setiap stadiumya bisa dengan melihat perkembangan diamater sel kankernya dan areal penyebarannya.

    • Stadium 1-2 dengan melihat diameter sel namun sel masih terbatas pada areal ginjal yang bersangkutan.
    • Stadium 3-4 bila kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada di dekatnya, atau ke  bagian tubuh yang jauh seperti jantung, tulang, hati atau paru-paru.

     

    Gejala Kanker Ginjal

    • Gejala yang pasti tidak ada : Tidak ada gejala atau tanda yang jelas. Dalam proses pemeriksaan, tingkat insiden semakin meningkat  tiap tahun, kebanyakan merupakan lesi awal, prognosisnya bagus. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan berkala sangat penting.
    • Gejala yang sering terjadi  : Benjolan dalam perut dikenal sebagai tiga gejala kanker ginjal  yang utama, kencing darah, sakit pinggang, ketiga gejala ini semuanya muncul pada tubuh pasien, kebanyakan mengartikan kondisi penyakit telah berkembang sampai pada stadium lanjut,  kebanyakan  pasien hanya muncul satu atau dua gejala dari tiga gejala di atas.
    • Benjolan : Ginjal berada di retroperitoneal, letaknya dalam, pada saat perut diraba tidak dapat terasa, hanya pada saat ukuran tumor agak besar atau pada saat tumor terletak pada bagian bawah ginjal baru dapat teraba ada benjolan, sekitar 10%~40% pasien dapat teraba ada benjolan diperut, terkadang gejala ini merupakan gejala satu-satunya.
    • Kencing darah : Sekitar 40% pasien kanker ginjal akan muncul gejala kencing darah, muncul kencing darah yang dapat dilihat dengan mata telanjang, juga dapat muncul kencing darah di bawah pantauan mikroskop. Pada saat kencing darah dalam jumlah banyak membentuk gumpalan darah muncul gejala sakit kolik ginjal, nyeri buang air kecil, disuria, bahkan retensi urin.
    • Rasa sakit : Sakit pinggang dikarenakan tumor setelah bertumbuh besar, keelastisan lapisan luar ginjal meningkat atau tumor invasi ke jaringan sekitar sehingga menimbulkan rasa sakit tumpul monoton (terus-menerus). Tingkat kemunculan gejala nyeri adalah 20%~40%. Bila berkaitan dengan gejala yang timbul harus segera berobat, agar tidak menunda penyakit.
    • Gejala metastase: Karena terjadi metastase pasien mungkin akan mengalami sakit tulang, patah tulang, batuk, batuk berdarah dan gejala lainnya. Kurang lebih 10% dari pasien berobat karena adanya metastase. Gejala klinis kanker ginjal bervariasi,bila ditemukan adanya gejala seperti yang disebutkan tadi,segera konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan dengan yang berkaitan seperlunya.
    • Gejala seluruh tubuh: 10%~40% pasien mengalami paraneoplastik syndrome, dengan gejala tekanan darah tinggi, anemia, berat badan turun, cachexia, meradang, polycythemia, disfungsi liver dan lainnya.

     

    Penyebab Kanker Ginjal 

    • Gejala yang pasti tidak ada : Tidak ada gejala atau tanda yang jelas. Dalam proses pemeriksaan, tingkat insiden semakin meningkat  tiap tahun, kebanyakan merupakan lesi awal, prognosisnya bagus. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan berkala sangat penting.
    • Gejala yang sering terjadi  : Benjolan dalam perut dikenal sebagai tiga gejala kanker ginjal  yang utama, kencing darah, sakit pinggang, ketiga gejala ini semuanya muncul pada tubuh pasien, kebanyakan mengartikan kondisi penyakit telah berkembang sampai pada stadium lanjut,  kebanyakan  pasien hanya muncul satu atau dua gejala dari tiga gejala di atas.
    • Benjolan : Ginjal berada di retroperitoneal, letaknya dalam, pada saat perut diraba tidak dapat terasa, hanya pada saat ukuran tumor agak besar atau pada saat tumor terletak pada bagian bawah ginjal baru dapat teraba ada benjolan, sekitar 10%~40% pasien dapat teraba ada benjolan diperut, terkadang gejala ini merupakan gejala satu-satunya.
    • Kencing darah : Sekitar 40% pasien kanker ginjal akan muncul gejala kencing darah, muncul kencing darah yang dapat dilihat dengan mata telanjang, juga dapat muncul kencing darah di bawah pantauan mikroskop. Pada saat kencing darah dalam jumlah banyak membentuk gumpalan darah muncul gejala sakit kolik ginjal, nyeri buang air kecil, disuria, bahkan retensi urin.
    • Rasa sakit : Sakit pinggang dikarenakan tumor setelah bertumbuh besar, keelastisan lapisan luar ginjal meningkat atau tumor invasi ke jaringan sekitar sehingga menimbulkan rasa sakit tumpul monoton (terus-menerus). Tingkat kemunculan gejala nyeri adalah 20%~40%. Bila berkaitan dengan gejala yang timbul harus segera berobat, agar tidak menunda penyakit.
    • Gejala metastase: Karena terjadi metastase pasien mungkin akan mengalami sakit tulang, patah tulang, batuk, batuk berdarah dan gejala lainnya. Kurang lebih 10% dari pasien berobat karena adanya metastase. Gejala klinis kanker ginjal bervariasi,bila ditemukan adanya gejala seperti yang disebutkan tadi,segera konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan dengan yang berkaitan seperlunya.
    • Gejala seluruh tubuh: 10%~40% pasien mengalami paraneoplastik syndrome, dengan gejala tekanan darah tinggi, anemia, berat badan turun, cachexia, meradang, polycythemia, disfungsi liver dan lainnya

     

    Faktor Penyebab Kanker Ginjal

    • Kanker ginjal bawaan. Sebagian besar dari mereka yang terkena penyakit memiliki bentuk kanker ginjal yang sporadis atau bukan bawaan dari kanker ginjal. Suatu bentuk bawaan dari penyakit terjadi pada sebagian kecil pasien (kurang dari lima persen dari total) karena adanya gen yang rusak. Kondisi yang diwariskan ini mempengaruhi seseorang terkena kanker ginjal yang meliputi sindrom von Hippel-Lindau (VHL) [kelainan bawaan yang ditandai dengan pembentukan tumor dan kantung berisi cairan (kista) di berbagai bagian tubuh], tuberous sclerosis (penyakit genetik multi-sistem langka yang menyebabkan tumor tidak berbahaya tumbuh di otak dan organ penting lainnya seperti ginjal, jantung, mata, paru-paru, dan kulit), sindrom Birt-Hogg-Dube (kondisi bawaan yang terkait dengan beberapa tumor kulit, kista paru-paru yang tidak berbahaya, dan suatu peningkatan risiko baik tumor ginjal dan kanker ginjal yang tidak berbahaya), dan sel jernih bawaan non-VHL dan kanker sel ginjal papiler
    • Kontak dengan bahan kimia tertentu. Pekerja yang melakukan kontak dengan bahan kimia seperti pewarna aniline (senyawa organik buatan yang digunakan dalam pekerjaan kulit dan kayu) dan logam berat memiliki risiko lebih tinggi.
    • Obesitas, kondisi kronis di mana terdapat jumlah lemak tubuh berlebihan. Sejumlah tertentu lemak tubuh diperlukan untuk menyimpan energi, menginsulasi panas, meredam goncangan, dan fungsi lainnya. Jumlah normal lemak tubuh (dinyatakan sebagai persentase persentase lemak tubuh) adalah antara 25% -30% pada wanita dan 18% -23% pada pria. Wanita dan pria yang memiliki lemak tubuh masing-masing lebih dari 30% dan 25% dianggap mengalami obesitas.
    • Asupan obat penghilang rasa sakit kronis, seperti parasetamol, dan obat anti pembengkakan tanpa steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin.
    • Penyakit ginjal stadium akhir yang memerlukan dialysis (pengobatan yang melakukan beberapa hal yang dilakukan oleh ginjal sehat).
    • Merokok. Perokok memiliki sekitar dua kali lipat risiko dari non-perokok.

     

    Diagnosa.

    Untuk memastikan penyakit kanker ginjal dapat dilakukan pemeriksaan dengan cara berikut : 

    • Cystoscopy. Sebuah tabung kecil, cystoscope, dimasukkan melalui jalan masuk uretra di penis. Alat ini berisikan sebuah sistem lensa dan cahaya yang membantu dokter melihat bagian dalam uretra, prostat dan kandung kemih untuk mengidentifikasi terdapatnya tumor tambahan pada mereka yang memiliki darah dalam urin dan suatu tumor ginjal.
    • Biopsi ginjal. Contoh jaringan tumor ginjal yang diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop untuk mengkonfirmasi adanya kanker.
    • Ultrasound atau Computed Tomography (CT) scan. Gambar rinci diambil dari ginjal untuk menunjukkan ukuran, karakteristik dan tingkat penyebaran tumor ginjal.

     

     Pengobatan Kanker Ginjal 

    • Imunoterapi Prosedur ini menggunakan obat-obat seperti interleukin-2 dan interferon alpha untuk membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih baik dalam melawan atau membunuh sel-sel kanker.
    • Radioterapi (terapi radiasi) Radioterapi memanfaatkan radiasi untuk membunuh sel-sel kanker atau tumor. Terapi radiasi yang mungkin dilakukan adalah:
               1. Terapi radiasi eksternal - diarahkan pada tumor namun sumber radioaktif dari luar tubuh.
               2. Terapi radiasi internal - radioaktif ditempatkan di dalam tubuh di dekat sel-sel kanker.
      • PembedahanPembedahan akan melibatkan pengangkatan tumor atau kanker, jaringan di sekitarnya dan mungkin kelenjar getah bening di dekatnya. Pembedahan untuk mengobati kanker ginjal antara lain:
      • Radical nephrectomy - pengangkatan seluruh ginjal, kelenjar adrenal, dan jaringan lemak dan kelenjar getah bening di dekatnya.
      • Partial nephrectomy - hanya mengangkat bagian ginjal yang terkena kanker saja, biasanya hanya untuk tumor kecil dan belum menyebar secara lokal.
      • Removal of metastases - pengangkatan jaringan kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain, terutama apabila sudah menimbulkan gejala.
      • Obat-obatan Obat-obatan yang mungkin akan diresepkan pada orang dewasa dengan kanker ginjal yaitu: Everolimus & Pazopanib
      • Terapi target Terapi target diantaranya menggunakan obat yang disebut tyrosine kinase inhibitors. Contohnya sunitinib dan sorafenib. Obat-obat ini telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pada penderita kanker ginjal. Sedangkan obat kelas lainnya disebut sebagai mammalian target of rapamycin (mTOR) inhibitors juga dapat membantu penderita kanker ginjal hidup lebih lama. Temsirolimus adalah contoh obat dari jenis ini.
      • Kemoterapi  Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.  Kemoterapi dapat diberikan dalam berbagai jenis, seperti pil, injeksi, atau melalui kateter. Obat kemoterapi akan masuk ke aliran darah dan berjalan ke seluruh tubuh untuk membunuh sebagian besar sel-sel kanker, tapi dampak buruknya juga akan membunuh sebagian sel-sel normal.
      • Perawatan Herbal selain melakukan pengobatan secara medis, tidak salah mencoba melakukan pengobatan dengan menggunakan herbal. karena kini banyak peneliti yang melakukan penelitian khasiat tanaman herbal untuk menyembuhkan penyakit. seperti kanker ginjal dapat diatasi dengan mengkonsumsi kapsul pegagan yang mengandung pegagan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda karena senyawa kimia yang terkandung didalamnya terbukti mampu menjaga ginjal dari berbagai macam penyakit. 

      Pencegahan

      Penyebab kanker ginjal masih belum diketahui, namun sesuai dengan faktor risikonya, yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

      • Menghindari paparan bahan-bahan kimia dan racun berbahaya.
      • Menghindari penggunaan produk tembakau.

       

      baca Selengkapnya