Mengobati Gigi Berlubang Malang

Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigigingivitisatau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.

Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.

Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi). Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan "sakit gigi."

 

Berikut ini 10 penyebab sakit gigi: 

    • Kerusakan gigi adalah penyebab paling umum (tapi bukan satu-satunya) dari sakit gigi.
      Rongga kecil yang hanya mempengaruhi lapisan luar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika pembusukan menembus melalui email dan mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentin) Anda gigi menjadi sangat sensitif. Dalam tahap lanjutan pembusukan berlangsung lebih dalam lapisan terdalam (pulp) yang mengakibatkan intens, nyeri yang tajam. Infeksi dari gigi membusuk dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (penuh dengan nanah) di bawah akar gigi. Penyakit gusi berat juga dapat menyebabkan keropos gigi. Infeksi dan peradangan yang terkait dengan abses menyebabkan berdenyut dan jenis berdenyut nyeri yang dapat membuat sulit bagi Anda untuk mengidentifikasi gigi yang menyebabkan penderitaan Anda.
    • Gusi bengkak dan gusi berdarah.
      Penyakit gusi dapat menyebabkan sakit gigi maju bahkan dalam gigi yang sehat juga. Infeksi gusi menyebabkan peradangan pada jaringan gusi dan tulang yang menyebabkan pembengkakan, hilangnya tulang di sekitar gigi dan nyeri sesaat. Sakit gusi pada tahap paling awal dari penyakit gigi juga dapat menyebabkan nyeri.
    • Jatuh atau kecelakaan bisa menyebabkan gigi retak atau rusak.
      Keretakan ini bisa jadi terlihat tidak pada saat itu, ini bisa terlihat pada jangka waktu lang lama. Keretakan ini dapat menyebabkan sakit gigi parah ketika garis fraktur berjalan melalui pulp (saraf) pada gigi. Bahkan jika garis fraktur tidak sangat mendalam, plak dan bakteri bisa terakumulasi dalam retak dan menyebabkan kerusakan gigi.
    • Sindrom gigi retak.
      Kadang-kadang Anda mungkin mengalami rasa sakit di gigi Anda yang tidak memiliki tanda-tanda jelas fraktur dan juga tidak terpengaruh oleh rongga atau penyakit gusi lanjut. Hal ini bisa disebabkan oleh celah tersembunyi/fraktur dari gigi yang terlalu kecil bahkan tidak bisa dilihat dengan sinar-X. Hal ini disebut sindrom retak gigi yang mungkin terjadi akibat kebiasaan mengunyah buruk, gigi grinding, cedera gigi, melemahnya gigi karena tambalan yang besar, dll. Kadang-kadang selama perawatan saluran akar gigi dapat pecah dari tekanan diterapkan. Gigi retak tersebut menyebabkan rasa sakit parah ketika Anda mengunyah.
    • Gigi grinding (bruxism).
      Ini mengikis gigi Anda dan menempatkan kekuatan berlebih pada jaringan pendukung pada gigi menyebabkan rasa sakit tidak hanya pada gigi, tetapi juga dalam sendi rahang dan otot.
    • Menyikat gigi yang tidak tepat.
      Ini dapat menyebabkan sakit gusi. Akar gigi akan terbuka dan dapat menyebabkan sensitif pada rasa dingin, panas, dan makanan asam. Minuman asam juga dapat lebih mengikis akar dan memperburuk sensitifitas.
    • Gigi sundulan.
      Ketika gigi sundulan tumbuh dapat menimbulkan rasa sakit jika tidak ada cukup ruang untuk tumbuh. Hal ini juga dapat menempatkan tekanan pada gigi yang berdekatan dan menyebabkan rasa nyeri. Gigi sundulan sering juga sulit dibersihkan. Bakteri tumbuh pada makanan yang menumpuk di bawah flap jaringan lunak di sekitarnya, mengarah ke perikoronitis (infeksi) yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada gusi dengan nyeri menyebar. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan infeksi serius dan sakit parah.
    • Gigi bengkok.
      Ketika gigi Anda tidak selaras dengan benar ada distribusi yang tidak merata dari gaya pada gigi dan dengan demikian peradangan pada saraf di gigi menyebabkan rasa sakit.
    • Perawatan ortodonti (kawat gigi).
      Kawat gigi sering dapat menyebabkan rasa sakit untuk periode singkat waktu ketika kawat gigi disesuaikan.
      Alat ini sangat rumit sehingga pemasangan atau pelepasannya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti dengan keahlian khusus. Untuk membersihkan gigi dan mulut dilakukan dengan cara khusus karena alat ini tidak dilepaskan dari gigi dalam waktu yang relatif lama. Dengan demikian, sikap kooperatif atau kerjasama pasien dalam menjaga dan mempertahankan keberhasilan mulut sangat diperlukan.
    • Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh masalah yang tidak terkait dengan gigi atau rahang.
      Ada beberapa kondisi lain dalam tubuh yang dapat menyebabkan nyeri pada gigi. Selama infeksi sinus, tekanan dari sinus Anda disebut sebagai rasa nyeri pada gigi bagian atas belakang karena dekat dengan gigi. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit gigi atau rahang mungkin menjadi tanda serangan jantung.

       

      Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit gigi

      Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, jika gigi Anda saat ini masih sehat, segeralah lakukan langkah pencegahan sebelum sakit gigi datang. Usaha pencegahan tersebut di antaranya:

      • Memeriksakan gigi Anda ke dokter setidaknya satu kali dalam setahun.
      • Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya seperti cokelat, kue, dan permen.
      • Menyikat gigi dua kali sehari, terutama setelah makan.
      • Bersihkan cela-cela gigi dengandental floss atau benang gigi.
      • Sebagai pelengkap dan untuk lebih memastikan bakteri-bakteri di mulut telah mati, gunakan cairan pembersih mulut.
      • Berhenti atau mengurangi merokok. Merokok berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

       

      Pengobatan sakit gigi

      Jika sakit gigi telah dirasakan selama lebih dari dua hari,makin parah hingga menyebabkan demam atau sulit membuka mulut, maka pergilah ke dokter.

      Dalam mengobati sakit gigi, dokter akan menentukan cara apa yang akan dipakai, tergantung kepada penyebab sakit  gigi itu sendiri.

      • Jika sakit gigi disebabkan oleh pertumbuhan gigi baru yang terjepit di antara gigi lainnya dan menekan rahang, maka sebagai solusi satu-satunya, dokter mungkin akan mencabut gigi baru Anda tersebut.
      • Jika gigi mengalami pembusukan dan berlubang, biasanya dokter akan melakukan penambalan. Sebelum ditambal, bagian yang membusuk akan dibersihkan dan disterilkan dari bakteri terlebih dahulu. Jika parah, gigi tersebut mungkin dicabut.
      • Jika pulpa yang terinfeksi adalah penyebab sakit gigi, maka kasus ini biasanya ditangani dengan pengobatan kanal akar gigi.

       

      Penanganan sakit gigi sebelum ke dokter

      Ada beberapa langkah pengobatan sakit gigi yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum menemui dokter, di antaranya:

      • Berkumurlah dengan menggunakan air hangat.
      • Bersihkan gigi Anda dengan menggunakandental floss atau benang gigi.
      • Bersihkanlah bagian yang diduga sebagai sumber sakit gigi dengan obat-obatan antiseptik.
      • Minumlah obat penghilang rasa sakit, sepertiparasetamol, untuk meredakan nyeri. Atau Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang telah dioleskan pada kapas.

       

      Pengobatan Alami untuk Sakit Gigi :

      • Jeruk Nipis

      Jeruk nipis dapat menjadi obat sakit gigi berlubang secara alami. Caranya teteskan perasan air jeruk pada bagian gigi yang berlubang. Rasanya akan perih tetapi rasa sakit giginya akan cepat hilang. Kandungan vitamin C inilah yang bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang.

      • Cengkeh

      Cengkeh mempunyai kandungan anti inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan bersifat sebagai anestesi yang dapat menyembuhkan luka dan membunuh bakteri pada gigi yang berlubang. Caranya teteskan minyak cengkeh pada satu gelas air kemudian jadikan air sebagai obat kumur. Selain itu juga bisa dengan cara meneteskan minyak cengkeh di kapas kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang.

      • Garam

      Dari dulu garam memang sudah sangat manjur dijadikan obat sakit gigi berlubang. Kandungan yodiumlah yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat sakit gigi. Caranya masukan sedikit garam pada air hangat. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut beberapa kali dan rasa sakit lama-lama akan menghilang.

      • Lada

      Caranya anda ambil lada dan garam campur menjadi satu. Tambahkan sedikit air sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta lada dan garam tersebut pada bagian gigi yang berlubang. Diamkan beberapa menit, setelah itu berkumur dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini beberapa kali sampai sakit gigi berlubang sembuh.

      • Bawang Merah

      Bawang merah juga dapat menjadi obat sakit gigi berlubang. Bawang merah mempunyai sifat anti mikroba dan juga antiseptic yang dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya ambil 1 buah bawang merah, kupas kulitnya. Kunyah bawang merah pada mulut anda. jika anda tidak bisa mengunyah. Anda bisa mengoleskan bawang merah pada bagian gigi yang berlubang.

      • Bawang Putih

      Bawang putih mempunyai sifat antibiotic yang dapat membunuh bakteri pada gigi berlubang. Sehingga gigi tidak terasa sakit dan nyeri lagi. Caranya ambil 1 siung bawang putih, tumbuh sampai halus kemudian tambahkan sedikit garam. Oleskan tumbukan bawang putih pada bagian gigi yang sakit. Lakukan secara rutin sampai sakit pada gigi berlubang anda sembuh.

      • Daun Jambu Biji

      Daun biji jambu juga dapat dijadikan obat sakit gigi berlubang. Kunyah beberapa daun jambu biji yang sudah dibersihkan. Atau bisa dengan cara menumbuk daun jambu biji kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

      • Biji Asam Jawa

      Caranya sangat mudah ambil beberapa biji asam jawa. Sangrai beberapa menit sampai agak kering. Tumbuk biji asam jawa sampai halus, kemudian oleskan pada bagian gigi yang berlubang. 

       

      Atasi Sakit Gigi dengan Obat Herbal ORODENT

       

      Menjaga kesehatan gigi sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai penyakit mulut dan gigi berlubang. Tapi, apabila sudah mengalami sakit gigi kini tersedia obat herbal ORODENT yang terbuat dari bahan alami yang sangat baik untuk penyembuhkan sakit gigi. 

      Komposisi (Dalam Bentuk Ekstrak)

      • Sida rombhifolia
      • Merremia mammosa
      • Piper retrofractum 
      • Andrographis panic
      • Piper betle 
      • Areca Catechu


      Terbuat dari bahab-bahan herbal berkualitas ORODENT mampu membantu mengatasi sakit gigi dan radang gusi

       

      Untuk pemesanan silahkan hubungi :

       

      Atau datang langsung ke alamat kami :

      • Kantor Solo: Jl Ahmad Yani, Ruko Pabelan No 1, (Pojok bangjo UMS) Pabelan Kartasura , Jawa Tengah. 

        Telp : 0271-718951/ 087836015767 

      • Kantor Yogyakarta: Jl. Kaliurang Km 4,5, Timur Kampus MM UGM 

        Telp: 087838231155 

      • Kantor Jakarta: Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. 

        Telp : 081908427320

      • Kantor Malang : Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

        Telp: 087753373281

      online istana