Sakit Gigi

Merawat Gigi

Gigi merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk menghaluskan makanan agar nantinya dapat dicerna dengan mudah oleh lambung. Selain penting untuk membuat makanan menjadi halus, gigi juga sangat penting untuk menunjang penampilan anda. Gigi yang putih dan sehat merupakan awal dari penilaian seseorang terhadap penampilan anda. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting. 

 

Dampak Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

 

  • Sakit gigi
  • Gusi berdarah dan bengkak
  • Karies gigi (gigi berlubang)
  • Nafas tidak segar/ bau mulut
  • Gigi goyang
  • Gigi kuning
  • Gigi sensitif/ linu
  • Sariawan
  • Karang gigi

 

Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan satu dari beberapa penyakit paling terkenal dan paling menyiksa. Rasa sakit akibat sakit gigi begitu nyata, gigi seakan terasa berdenyut, kadang ditambah sakit kepala dan demam, kemudian para penderita sakit gigi menjadi sangat sensitif terhadap suara bising dan mudah marah. Sakit gigi hanya bisa ditandingi oleh sakit hati. Rasanya ingin dicopot saja itu gigi yang sakit biar ga pernah sakit-sakit lagi.

Penyebab sakit gigidipengaruhi beberap hal, diantaranya

  • Gigi berlubang,
  • Retak,
  • Terkikis,
  • Terlalu banyak makan permen karet,
  • Gusi yang terinfeksi
  • Fraktur gigi (patah)

 

Menjaga Kesehatan Gigi

  • Rajin Menggosok Gigi

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Kegiatan menggosok gigi akan menghindarkan gigi ana dari kuman yang berkeliaran. Biasanya kuman yang berada dimulut kemudian tidak segera dibunuh akan menimbulkan banyak masalah. Diantara masalah-masalah tersebut, yang paling sering terjadi adalah timbulnya bau mulut dan gigi berlubang. Tentu hal ini sangat merugikan bagi kita. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur sangatlah penting untuk membuat gigi tetap putih dan kuat.

  • Gunakan Obat Kumur

Sekarang ini, berbagai macam obat kumur telah beredar dipasaran. Untuk memilih obat kumur yang tepat, anda perlu memahami kegunaan dan komposisi obat kumur yang tertera dikemasan. Dengan memahami fungsi dan komposisinya, anda dapat memastikan bahwa obat kumur tersebut cocok atau tidak. Hal ini perlu dilakukan mengingat adapula beberapa orang yang alergi terhadap suatu kandungan zat dalam obat kumur. Nah, setelah anda mendapat obat kumur yang sekiranya pas, anda dapat memakainya untuk berkumur sebanyak dua kali dalam satu minggu. Dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur, anda akan terhindar dari masalah plak pada gigi.

  • Menjaga Makanan

Cara ketiga untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menjaga makanan yang anda konsumsi. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Hal ini sangat penting mengingat gula adalah zat yang seringkali melekat pada gigi yang apabila tidak segera dibersihkan akan membuat gigi anda terasa nyeri.

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Cara yang selanjutnya adalah dengan memakan buah dan sayur. Diantara sekian banyak macam buah dan sayur, buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gigi agar tetap sehat adalah buah apel, daun seledri dan wortel. Ketiga jenis sumber makanan tersebut memiliki tekstur yang dapat membersihkan gigi sehingga tanpa disadari gigi anda akan menjadi bersih setelah mengkonsumsi 3 sumber makanan tersebut. Selain itu, untuk mengimbangi konsumsi buah dan sayur, anda juga harus mulai belajar berhenti merokok. Merokok merupakan aktivitas yang membuat gigi anda menjadi berwarna kecoklatan.

 

Cara mengobati sakit gigi

Jika seseorang mengalami sakit gigi dengan gejala seperti berikut sangat dianjurkan untuk pergi kedokter gigi

  • Bila ada tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan, nyeri ketika mengigit, gusi merah atau terdapat nanah.
  • Sakit gigi yang terus berlanjut selama lebih dari satu atau dua hari
  • Sakit gigi yang disertai demam
  • Jika mengalami kesulitan bernafas atau menelan

    Untuk mengobati sakit gigi, dokter gigi pertamakali akna menanyakan riwayat kesehatan anda melalui pemeriksaan fisik. Dia akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit, kapan mulainya, seberapa parah, apa yang membuat rasa sakit lebih buruk, dan apa yang membuatnya lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan, sinus, telinga, hidung, dan leher. Terkadang rongsen gigi atau pemeriksaan lanjutan lainnya juga diperlukan sesuai kecurigaan dokter mengenai penyebab sakit gigi yang pasien alami.

    Setelah melakukan pemeriksaan kemudian menentukan tindakan atau prosedur yang sesuai dengan penyebab sakit gigi yang anda alami, cara seperti inilah yang akan membuat tuntas masalah sakit gigi. Secara umum penanganan yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain :

    • Penambalan gigi

      Jika penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang  yang membuat lapisan saraf terekspos sehingga menjadikan gigi sensitive, seperti terasa sakit atau ngilu ketika tersentuh makanan atau minuman dingin, maka tindakan yang dilakukan adalah penambalan gigi.

      • Perawatan saluran akar

        Dilakukan pada gigi berlubang yang lebih dalam, dimana jaringan saluran akar gigi (pulpa) mangalami infeksi. Pada perawatan saluran akar ini dokter akan membersihkan jaringan terinfeksi, kemudian menambalnya (butuh waktu beberapa kali kunjungan).

        • Pencabutan gigi

          Pada beberapa kasus, gigi yang rusak tidak bias diperbaiki, pada kondisi demikian jalan terbaik adalah dilakukan pencabutan gigi.

          • Pembersihan karang gigi

            Karang gigi juga berpotensi menyebabkan sakit gigi, maka untuk mengatasi sakit gigi yang seperti ini harus dibersihkan karang giginya.

            Selain cara diatas, beberapa obat tradisional ini dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi.

            Oleh karena itu alangkah baiknya Anda memilih salah satu dari beberapa pilihan obat sakit gigi Herbal  berikut, kemudian jalani pengobatan alami secara rutin agar rasa sakit cepat mereda.

            • Daun Inggu Kering

              Bahan: 2 - 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.

              Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

              • Minyak Batok Kelapa

                Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.

                Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.

                • Daun Sirih dan Cengkeh

                  Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.

                  Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.

                  • Bawang Putih

                    Bahan: Bawang putih (1 butir).

                    Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.

                    Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

                    • Minyak Cengkeh

                      Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.

                      Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

                      • Bunga Matahari

                        Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).

                        Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat. 

                        • Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)

                          Bahan: Biji asam jawa secukupnya.

                          Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

                          • Biji Jarak Cina

                            Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.

                            Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.

                            • Daun Cengkeh

                              Bahan: Daun cengkeh secukupnya.

                              Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

                              • Teh Hangat (Tanpa Gula)

                              Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.

                              Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

                              • Cabe Rawit.

                              Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.

                              Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

                              •  Getah Jarak

                              Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.

                              Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

                              •  Akar Meniran

                              Bahan: Akar meniran (5 gram).

                              Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

                              • Akar Kangkung

                              Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.

                              Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

                              •  Serai

                              Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).

                              Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.

                              Merawat kesehatan gigi juga dapat di lakukan menggunakan bahan-bahan herbal seperti siwak pasta. siwak mengandung bahan2 aktif maupun tambahan terbaik yang diperlukan untuk kesehatan gigi yaitu mengandung serbuk kayu siwak yang bermanfaat sebaga anti bakteri anti carries gigi, membersihkan gigi dan mencegah plak pada gigi selain itu bermanfaat juga sebagai penguat gigi selain itu pasta gigi siwak juga mengandung minyak cengkleh yang bermanfaat sebagai anti bakteri yang yang dapat mencegah peradangan pada gigi dan mulut juga bermanfaat untuk mengurangi gejala sakit gigi.

                               

                              • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut :

                              Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah

                              Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 082338745875 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

                              •  Email (istana.herbal.it@gmail.com)

                              Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

                              • Blakberry Messengger 

                              Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

                              Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

                              • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

                              customer_istanaherbal@yahoo.com

                                 

                                Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

                                • Istana Herbal Solo

                                Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

                                Telp : 081393930088

                                • Istana Herbal Yogyakarta

                                Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

                                Telp : 087838231155

                                • Istana Herbal Malang

                                Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

                                Telp: 087753373281

                                • Istana Herbal Jakarta

                                Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

                                Telp : 081908427320

                                 

                                Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami:

                                • Bank Central Asia KCU Solo
                                • Nama : Krida Prasetia
                                • No Rekening : 0152693506


                                • Bank Mandiri Cabang Kartasura
                                • Nama : Krida Prasetia
                                • No Rekening : 138-00-073-5269-8


                                • Bank Negara Indonesia Cabang
                                • Nama : Krida Prasetia
                                • No Rekening : 0198117897


                                • Bank Rakyat Indonesia Cabang
                                • Nama : Krida Prasetia
                                • No Rekening : 66-4701-00000-6507



                                Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

                                 

                                Pelayana Kami
                                Kami akan selalu siap melayani Anda
                                Email : istana.herbal.it@gmailcom
                                Order respon cepat whatsApp : 081393930088
                                Telp : (0271) 7451424

                                 

                                  baca Selengkapnya