Saraf dan Mental

Menjaga Otak Awet Muda

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. 
Oleh karena itu, sangat perlu kita perhatikan kesehatan pikiran dengan berbagai cara dalam menjaga kesehatannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini yuk kita simak mengenai tips mudah dalam menjaga kesehatan pada otak kita sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan pikiranpun tetap tenang terkendali. Jika otak tidak dirawat dan dijaga dengan baik, fungsi otak kita akan terganggu. Adapun gangguan-gangguan yang bisa muncul pada otak yaitu kegilaan/gangguan jiwa, cacat mental, kanker otak, halusinasi, paranoid, pikun dll.

Penurunan daya ingat sepertinya memang akan dialami oleh orang yang berusia lanjut. Pikun yang biasanya menjadi hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar ingatan tetap tajam dan seiring bertambahnya usia, fungsi-fungsi organ tubuh kita pun akan mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi pada organ-organ tersebut menyebabkan kita tidak dapat bergerak dan beraktivitas selincah dulu seperti saat masih muda.

 

Menjaga Otak Tetap Awet Muda

  • Aktivitas Fisik

Koneksi antara sel-sel otak sangat dibutuhkan agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu tips agar otak awet muda adalah dengan melakukan olahraga. Mengapa olahraga? Dengan berolahraga, kekuatan otak akan meningkat, jumlah darah kaya oksigen yang diangkut oleh pembuluh darah kecil pun akan lebih banyak. Hal ini akan mendorong otak untuk dapat berpikir dengan lebih baik.

  • Menjaga tingkat kolesterol.

Jika Anda tidak pernah memperhatikan apa saja yang Anda makan, bisa jadi banyak penyakit-penyakit yang akan Anda derita. Salah satunya adalah kolesterol. Pada tahun 2009 ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kolesterol dalam tubuh berkaitan dengan tingginya risiko Alzheimer dan demensia (penurunan fungsional yang disebabkan kelainan yang terjadi pada otak). Berdasarkan penelitian tersebut, ada suatu kesimpulan yang dapat Anda terapkan yaitu, apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Untuk itu, Anda dapat menurunkan risiko demensia dan dengan menurunkan tingkat kolesterol dengan memperhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi.

  •  Tidur yang cukup

Perlu Anda ketahui bahwa otak juga butuh istirahat dan ini dapat dilakukan pada saat Anda tidur.

  • Beri Stimulasi pada Otak

Penting untuk menjaga otak Anda aktif. Demikian pula, tidak menggunakan otak untuk waktu yang lama mungkin melemahkan kemampuan kognitif otak Anda. Latihlah otak Anda dengan membaca, asah otak, menyusun puzzle, memecahkan teka-teki atau melakukan game yang menantang. Hal tersebut akan membantu untuk menjaga otak Anda dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan.

  •  Asupan Makanan

Nutrisi memainkan peran besar dalam kita baik dalam hak kemampuan mental dan kognitif. Mengkonsumsi omega-3 asam lemak, yang dapat ditemukan di banyak makanan seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan antioksidan, yang dapat ditemukan di sebagian besar buah dan sayuran yang merupakan bahan-bahan herbal merupakan hal penting dalam menjaga otak agar awet muda.

  • Menonton film dokumenter tentang alam

Menonton film dokumenter tentang alam  juga dapat membantu Anda untuk merawat ingatan Anda. Karena orang yang menonton film tentang alam, memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa. Mereka juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah serta memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Otak mereka pun lebih baik daripada orang yang berhasil menyelesaikan permainan asah otak dan sejenisnya.

  • Menjaga kesehatan gigi

Percaya atau tidak, kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa mengunjungi dokter gigi dua kali setahun dan membersihkan gigi secara teratur baik untuk kesehatan otak. Kesehatan gigi yang baik bisa menurunkan risiko seseorang terkena demensia. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menggosok gigi kurang dari sekali sehari memiliki risiko terkena demensia 65 persen lebih tinggi.

 Istana Herbal Malang melayani Grosir Herbal Karena Istana Herbal Merupakan Pusat Grosir Herbal Terbesar Di Indonesia. 

 

 

baca Selengkapnya

Gejala Gangguan Kecemasan

Kecemasan adalah emosi yang dialami setiap orang pada waktu tertentu. Banyak orang merasa cemas, atau gugup ketika mereka menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum menempuh ujian, atau membuat keputusan penting. Namun kecemasan tersebut berbeda dengan gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam menjalani hidup normal.
Terdapat banyak jenis gangguan kecemasan, antara lain: gangguan panik, gangguan obsesif kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder), gangguan stres pasca-trauma, gangguan kecemasan sosial, fobia tertentu, dan gangguan kecemasan umum. Penderita gangguan kecemasan akan mengalami kecemasan yang berlarut-larut yang bahkan setelah tidak ada lagi masalah yang harus dicemaskan.


Gejala Gangguan Kecemasan

  • Gejala utama

Gejala utama biasanya berhubungan dengan kesehatan fisik.
Hal ini umum pada pasien dengan serangan panik. Pasien ini menderita serangan tiba-tiba kecemasan dengan nyeri dada, pusing, hot flushes atau menggigil, tersedak, palpitation, mual, sakit perut, rasa "azab yang akan datang", sesak napas, gemetar, berkeringat dll.
Pasien dengan fobia sederhana dapat juga menyajikan kepada departemen darurat dengan fitur ini.

  • Gejala psikologis

Gejala psikologis termasuk kesulitan berkonsentrasi, kelelahan dan kelelahan, lekas marah, kesulitan untuk dan tetap tertidur, pusing dan vertigo dan kegelisahan umum dan jumpiness.
Ada sensasi rasa takut atau "azab yang akan datang" dan perasaan yang terus-menerus on the "edge".

  • Gejala fisik

Fisik gejala gangguan kecemasan termasuk berdebar-debar, sakit kepala, gangguan perut seperti mual, diare, dada sesak, breathlessness, berkeringat, gemetar, lemah otot dll.
Mungkin ada ngantuk, pin dan jarum sensasi, mulut kering, haus berlebihan, sering buang air kecil, periode menyakitkan dan tidak terjawab.

  • Worrying atau ketegangan

Khawatir Constant atau ketegangan yang berlangsung selama setidaknya 6 bulan.
Gangguan kecemasan sosial ditandai dengan ketakutan dan kecemasan di lingkungan sosial dan penghindaran interaksi dengan orang-orang.
Kekhawatiran dapat melayang dari satu penyebab lain seperti keluarga, hubungan, masalah kerja, keuangan, kesehatan atau masalah lain. Sebagian besar waktu mereka mungkin sepele.

  • Gejala OCD

OCD gangguan kompulsif obsesif mewujudkan sebagai tindakan berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan yang berasal dari obsesi, yang mungkin ide berulang atau mengganggu, khawatir atau berpikir.
Misalnya diulang membersihkan atau mencuci berkat keprihatinan tentang kontaminasi.

  • Gejala PTSD

Orang-orang dengan gangguan pasca-traumatic stress mungkin menderita dari serangan tiba-tiba panik atau kecemasan umum yang konstan.
 

Faktor Penyebab

  • Masalah dalam hidup

  • Masalah dalam hidup

  • Faktor lingkungan

  • Kepribadian

 

Diagnosa

  • Meskipun tidak ada tes laboratorium khusus untuk mendiagnosis gangguan kecemasan, berbagai tes non laboratorium bisa dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya masalah.Gangguan kecemasan (anxiety disorder) bisa diringankan dengan menggunakan berbagai obat-obatan seperti obat penenang dan terapi perilaku kognitif.

 

Pengobatan

  • Perubahan pola makan dan gaya hidup
  • Terapi relaksasi
  • Psikoterapi: adalah sejenis konseling yang membahas respons emosional terhadap kelainan jiwa. Hal ini merupakan proses dimana pakar kesehatan jiwa terlatih membantu penderita dengan strategi wawancara untuk memahami dan menangani gangguan mereka.
  • Obat-obatan: Obat digunakan untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan, seperti obat anti-depresan dan pengurang kecemasan.
  • Terapi perilaku kognitif: Penderita gangguan kecemasan sering berpartisipasi dalam jenis psikoterapi ini, dimana mereka belajar untuk mengenali dan mengubah pola pikir dan perilaku yang menimbulkan perasaan cemas.

 
 
Pencegahan

  • Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan. Olaharaga akan menyalurkan tumpukan stres secara positif. Lakukan olahraga yang tidak memberatkan, dan memberikan rasa nyaman kepada diri Anda.  

  • Pendekatan agama

Pendekatan agama akan memberikan rasa nyaman terhadap pikiran, kedekatan terhadap Tuhan dan doa-doa yang disampaikan akan memberikan harapan-harapan positif.

  • Pendekatan keluarga

Dukungan (supportif) keluarga efektif mengurangi kecemasan. Jangan ragu untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi bersama-sama anggota keluarga. Ceritakan masalah yang dihadapi secara tenang, katakan bahwa kondisi Anda saat ini sangat tidak menguntungkan dan membutuhkan dukungan anggota keluarga lainnya. Mereka akan berusaha bersama-sama Anda untuk memecahakan masalah Anda yang terbaik

  • Kontrol pernafasan yang baik

Rasa cemas membuat tingkat pernafasan semakin cepat, hal ini disebabkan otak "bekerja" memutuskan fight or flight ketika respon stres diterima oleh otak. Akibatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh semakin meningkat, ketidakseimbangan jumlah oksigen dan karbondiosida di dalam otak membuat tubuh gemetar, kesulitan bernafas, tubuh menjadi lemah dan gangguan visual. Ambil dalam-dalam sampai memenuhi paru-paru, lepaskan dengan perlahan-lahan akan membuat tubuh jadi nyaman, mengontrol pernafasan juga dapat menghindari srangan panik.

  •  Intervensi kognitif

Kecemasan timbul akibat ketidakberdayaan dalam menghadapi permasalahan, pikiran-pikiran negatif secara terus-menerus berkembang dalam pikiran. caranya adalah dengan melakukan intervensi pikiran negatif dengan pikiran positif, sugesti diri dengan hal yang positif, singkirkan pikiran-pikiran yang tidak realistik. Bila tubuh dan pikiran dapat merasakan kenyamanan maka pikiran-pikiran positif yang lebih konstruktif dapat meuncul. Ide-ide kreatif dapat dikembangkan dalam menyelesaikan permasalahan.

  • Melakukan relaksasi

Kecemasan meningkatkan tension otot, tubuh menjadi pegal terutama pada leher, kepala dan rasa nyeri pada dada. Cara yang dapat ditempuh dengan melakukan teknik relaksasi dengan cara duduk atau berbaring, lakukan teknik pernafasan, usahakanlah menemukan kenyamanan selama 30 menit.

 

Mengatasi Gangguan Kecemasan Dengan Herbal

 

Habbatussauda merupakan salah satu jenis tanaman yang sering kita temukan di indonesia, tanaman ini sering digunakan untuk dijadikan sebagai bumbu masakan. Tanaman herbal ini telah dimanfaatkan untuk pengobatan sejak 2000 sampai 3000 SM, sejak itulah tanaman jantan hitam ini mulai dikembangkan untuk dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab. Beberapa manfaat diantaranya adalah :

  • Memberikan kekuatan untuk daya tahan tubuh yang lebih lama

Habbatussauda berasal dari jinten hitam yang dapat membantu memberi asupan peningkatan jumlah sel-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami bakteri jahat dalam tubuh. Kemampuan jinten hitam Habbutussauda mencapai 72 % dibanding dengan plasebo yang memiliki kemampuan hanya 7 %. Alhasil menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi habbatussauda sebagai obat herbal pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan dan memelihara kesehatan serta daya tahan tubuh lebih lama dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit baik dari penyakit menular yang sangat berbahaya dan mematikan seperti kanker dan Aids.

Pada tahun 1993, Dr. Basil Ali bersama koleganya dari Collage of Medicine dari Universitas King Faisal, menerbitkan dalam jurnal Pharmasetik Saudi dan diakui pula oleh Prof. G. Reimuller, seorang Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, Germany, Bahwa Habbatussauda dapat meningkatakan sistem kekebalan tubuh dan dapat dijadikan sebagai Bioregulator.

  • Mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi pikiran dan Kewaspadaan

Habbatussauda yang memiliki kandungan asam linoleat ( omega 6 dan asam linoleat (omega 3 ), dengan kandungan tersebut habbatussauda mampu merangsang sel-sel syaraf otak untuk meningkatkan daya ingat, konsentarsi pikiran, kefokusan, kecerdasan serta kewaspadaan. Asam linoleat yang dimiliki habbatussauda bekerja sangat efektif dan cepat dirasakan manfaatnya dengan memperbaiki dan memberikan mikro organisme dalam mengembalikan sistem kerja dan fungsi otak, melancarkan peredaran darah ke otak, menunda penurunan daya ingat dan fungsi otak ketika lanjut usia. Sehingga habbatussauda sangat baik dan cocok dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, dewasa dan para manula.

  • Meningkatkan Bioaktifitas Hormon

Habbatussauda juga mengandung Sterol yakni salah satu kandungan habbatussauda yang berguna sebagai sintesa dan bio-aktifitas hormon. Hormon merupakan zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah.

  • Menetralkan Racun dalam Tubuh

Saponin merupakan rangkaian senyawa terbaik yang terdapat dalam habbatussauda yang berfungsi sebagai penetral racun dalam tubuh dan darah dan menjaga tubuh serta seluruh fungsi kerja organ -organ tubuh dari gejala ringan seperti keracunan pada makanan yang mengakibatkan diare, pusing, gangguan pernapasan, penurunan daya konsentrasi. Selain itu saponin dalam habbatussauda bermanfaat sebagai anti-toksin pencegah dari gangguan metabolisme tubuh dan penurunan fungsi organ tubuh yang sangat penting, seperti paru-paru, hati dan otak.

  • Mengatasi gangguan Tidur dan Stress

Saponin Habbatussauda juga memiliki khasiat seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak dalam tubuh serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin-nya juga mampu melindungi diri dan tubuh dari segala perubahan cuaca dan lingkungan yang dapat mempengaruhi rasa mood (perasaan dan suhu tubuh) dari gangguan susah tidur, dan menghilangkan rasa stress.

  • Anti Histamin

Histamin merupakan suatu zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan dampak atau reaksitifitas terhadap alergi dari asma bronchial. Minyak yang berasal dari jintan hitam habbatussauda ini dapat mengikat ditymoquinone, Minyak dari jinten hitam ini disebut dengan Niggellone yang berasal dari Volatile Nigella. Minyak dari jinten hitam habbatussauda memiliki pengaruh positif terhadap penderita asma brochial. Berdasarkan penelitian yag dilakukan oleh Dr. Med Peter Schleincher, beliau seorang ahli Immonologi dari Universitas Munich, German. Beliau melakukan tes pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi asma bronchial, sebuk, jerawat dengan menggunakan minyak Nigella (habbutussauda) menunjukkan hasil yang cukup memuaskan sekitar 70 % dari 600 orang berhasil sembuh.

Kemudian dalam prakteknya beliau menggunakan minyak Nigella kepada pasiennya yang menderita influenza. Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang cukup baik yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan bahwa kristal yang terdapat dalam minyak nigellone mampu memberikan efek suppressive yang dapat menghambat laju protemkinase C, yakni sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

  • Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatussauda juga mengandung minyak atsiri dan volatif yang pada umumnya berkhasiat sebagai obat anti-diare dan untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Pada tahun 1992, sebuah Jurnal Kesehatan Pakistan menerbitkan hasil dari penelitian yang membuktikan minyak volatile sangat ampuh membunuh strain-bakteri V Colera dan E Coli dibanding dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.

  • Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

Habbatussauda sangat baik dikonsumsi oleh para ibu yang sedang dalam masa menyusui, karena kandungan minyak dari jinten hitam (habbatussauda) mengandung lemak tidak jenuh dengan struktur hormonal yang mampu mendorong produksi dan melancarakan ASI. Dalam hal ini dibuktikan dalam penelitian pada tahun 1989 di Universitas Potchestroom.

  • Sebagai Nutrisi tambahan Pada Ibu Hamil dan Balita

Ketika anak dalam masa pertumbuhan pastinya sangat membutuhkan nutrisi tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, terutama pada perubahan cuaca yang tidak menentu. Habbatussauda yang mengandung Omega 3, 6, 9 mampu membantu memberikan stimulasi perkembangan pada jaringan otak balita dan janin pada ibu hamil.

  • Sebagai Anti Tumor

Pada suatu pertemuan dalam sebuah Kongres Kanker International yang diadakan di New Delhi, India. Seorang Ilmuwan dalam bidang Kanker Immnonobiologi Laboratory yang berasal dari California Selatan, USA memperkenalkan Habbatussauda sebagai obat herbal alami Anti Tumor yang dapat menghambat laju dan perkembangan sel tumor yang berakibat pada kanker. Seorang ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa Habbatussauda mampu merangsang dan meningkatkan membran sel-sel normal terhadap virus yang dapat merusak sekaligus dapat membunuh sel-sel tumor dan meningkatkan kualitas dan daya tahan tubuh.

  • Sebagai Nutrisi tambahan yang cukup penting Untuk para lanjut usia

Nutrisi tidak hanya diperuntukan bagi balita, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil atau ibu menyusui. Tetapi nutrisi yang terdapat dalam tiap Kapsul Habbatussauda juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang sudah lanjut usia, untuk memelihara kesehatan serta daya tahan tubuh karena usia dan kemampuan organ tubuh yang semakin melemah. Nutrisi yang terkandung dari habbatussauda juga sangat diperlukan untuk sel otak guna mencegah dari kepikunan, mempertahankan memori atau ingatan, menyimpan memori serta mencegah penurunan fungsi kerja otak. Hal ini didukung karena Habbtussauda memiliki kandungan nutrisi lengkap sekitar 15 macam asam amino pendukung isi protein dan termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam amino dalam jumlah banyak oleh karenanya tubuh memerlukan suplemen pendukung terbaik untuk mencukupinya.

Khasiat dan keggunaan lainnya dari Habbatussauda :

  • Membantu mengatasi berbagai penyakit seperti : rematik, asam urat, peradangan tenggorokan, sendi, migrain, exim dan alergi
  • Membantu mengobati gangguan jantung, ginjal, liver, kencing manis, TBC, paru-paru kronis, sesak napas, asthma, wasir, insomnia dan stroke.
  • Membantu menormalkan/menstabilkan kolesterol, darah tinggi, dan anemia
  • Membantu mengobati kanker dan membuang racun dalam tubuh
  • Membantu meningkatkan ASI, daya tahan tubuh/imunitas serta memperlancar peredaran darah

Aturan minum Kapsul Habbatussauda Cap Kurma Ajwa :

a. Untuk dewasa : 2-3 kapsul pagi dan sore hari setelah makan

b. Untuk anak-anak : 1-2 kapsul pagi dan sore hari setelah makan

 

Pemesanan 

  • Melalui Website kami di www.istana-herbal.comSilahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"
  • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut :

Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah

Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 082338745875 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

  •  Email (istana.herbal.it@gmail.com)

Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

  • Blakberry Messengger 

Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 082338745875 / Nama Produk / Jumlah Produk

  • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

customer_istanaherbal@yahoo.com

     

    Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

    • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

    Telp : 081393930088

    • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

    Telp : 087838231155

    • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

    Telp: 087753373281

    • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

    Telp : 081908427320

     

    Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


    - Bank Central Asia KCU Solo
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 0152693506



    - Bank Mandiri Cabang Kartasura
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 138-00-073-5269-8



    - Bank Negara Indonesia Cabang
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 0198117897



    - Bank Rakyat Indonesia Cabang
    - Nama : Krida Prasetia
    - No Rekening : 66-4701-00000-6507



    Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

     

    Pelayana Kami
    Kami akan selalu siap melayani Anda
    Email : istana.herbal.it@gmailcom
    Order respon cepat whatsApp : 081393930088
    Telp : (0271) 7451424
    baca Selengkapnya