Menjaga Otak Awet Muda

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. 
Oleh karena itu, sangat perlu kita perhatikan kesehatan pikiran dengan berbagai cara dalam menjaga kesehatannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini yuk kita simak mengenai tips mudah dalam menjaga kesehatan pada otak kita sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan pikiranpun tetap tenang terkendali. Jika otak tidak dirawat dan dijaga dengan baik, fungsi otak kita akan terganggu. Adapun gangguan-gangguan yang bisa muncul pada otak yaitu kegilaan/gangguan jiwa, cacat mental, kanker otak, halusinasi, paranoid, pikun dll.

Penurunan daya ingat sepertinya memang akan dialami oleh orang yang berusia lanjut. Pikun yang biasanya menjadi hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar ingatan tetap tajam dan seiring bertambahnya usia, fungsi-fungsi organ tubuh kita pun akan mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi pada organ-organ tersebut menyebabkan kita tidak dapat bergerak dan beraktivitas selincah dulu seperti saat masih muda.

 

Menjaga Otak Tetap Awet Muda

  • Aktivitas Fisik

Koneksi antara sel-sel otak sangat dibutuhkan agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu tips agar otak awet muda adalah dengan melakukan olahraga. Mengapa olahraga? Dengan berolahraga, kekuatan otak akan meningkat, jumlah darah kaya oksigen yang diangkut oleh pembuluh darah kecil pun akan lebih banyak. Hal ini akan mendorong otak untuk dapat berpikir dengan lebih baik.

  • Menjaga tingkat kolesterol.

Jika Anda tidak pernah memperhatikan apa saja yang Anda makan, bisa jadi banyak penyakit-penyakit yang akan Anda derita. Salah satunya adalah kolesterol. Pada tahun 2009 ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kolesterol dalam tubuh berkaitan dengan tingginya risiko Alzheimer dan demensia (penurunan fungsional yang disebabkan kelainan yang terjadi pada otak). Berdasarkan penelitian tersebut, ada suatu kesimpulan yang dapat Anda terapkan yaitu, apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Untuk itu, Anda dapat menurunkan risiko demensia dan dengan menurunkan tingkat kolesterol dengan memperhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi.

  •  Tidur yang cukup

Perlu Anda ketahui bahwa otak juga butuh istirahat dan ini dapat dilakukan pada saat Anda tidur.

  • Beri Stimulasi pada Otak

Penting untuk menjaga otak Anda aktif. Demikian pula, tidak menggunakan otak untuk waktu yang lama mungkin melemahkan kemampuan kognitif otak Anda. Latihlah otak Anda dengan membaca, asah otak, menyusun puzzle, memecahkan teka-teki atau melakukan game yang menantang. Hal tersebut akan membantu untuk menjaga otak Anda dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan.

  •  Asupan Makanan

Nutrisi memainkan peran besar dalam kita baik dalam hak kemampuan mental dan kognitif. Mengkonsumsi omega-3 asam lemak, yang dapat ditemukan di banyak makanan seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan antioksidan, yang dapat ditemukan di sebagian besar buah dan sayuran yang merupakan bahan-bahan herbal merupakan hal penting dalam menjaga otak agar awet muda.

  • Menonton film dokumenter tentang alam

Menonton film dokumenter tentang alam  juga dapat membantu Anda untuk merawat ingatan Anda. Karena orang yang menonton film tentang alam, memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa. Mereka juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah serta memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Otak mereka pun lebih baik daripada orang yang berhasil menyelesaikan permainan asah otak dan sejenisnya.

  • Menjaga kesehatan gigi

Percaya atau tidak, kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa mengunjungi dokter gigi dua kali setahun dan membersihkan gigi secara teratur baik untuk kesehatan otak. Kesehatan gigi yang baik bisa menurunkan risiko seseorang terkena demensia. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menggosok gigi kurang dari sekali sehari memiliki risiko terkena demensia 65 persen lebih tinggi.

 Istana Herbal Malang melayani Grosir Herbal Karena Istana Herbal Merupakan Pusat Grosir Herbal Terbesar Di Indonesia. 

 

 

online istana