Tentang Penyakit

Penyakit Alergi

Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Alergen atau substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

Apa Yang Terjadi Selama Reaksi alergi?

Pertama, seseorang terkena alergen dengan menghirup itu, menelan, atau mendapatkan itu pada atau di bawah kulit mereka. Setelah seseorang terkena alergi, serangkaian kegiatan menciptakan reaksi alergi:

  • Tubuh mulai menghasilkan antibodi jenis tertentu, yang disebut IgE, untuk mengikat allergen.
  • Antibodi melampirkan ke bentuk sel darah yang disebut sel mast. sel Mast dapat ditemukan di saluran udara, di usus, dan di tempat lain. Kehadiran sel mast dalam saluran udara dan saluran pencernaan membuat daerah ini lebih rentan terhadap paparan alergen.
  • Mengikat alergen ke IgE, yang melekat pada sel mast. Hal ini menyebabkan sel mast untuk melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah. Histamin, senyawa kimia utama, menyebabkan sebagian besar gejala reaksi alergi.

 

Macam-Macam Alergi

  • Alergi Seafood, jenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang disekitar kita seperti udang dan makanan lautnya yang dapat menyebabkan alergi yang parah.
  • Alergi Dingin, tubuh mengalami reaksi berlebih terhadap udara dingin dalam beberapa kasus terjadi rasa kedinginan tanpa disertai perubahan fisik pada tubuh.
  • Alergi susu sapi, susu sapi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi.Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan bayi.
  • Alergi Debu, penderita alergi debu akan sangat rentan terhadap debu yang umum dijumpai dirumah atau diluar rumah apalagi ketikabersin-bersin.Namun sebetulnya yang harus diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab debu.
  • Alergi obat-obatan, alergi obat meruapakan reaksi yang diberikan tubuh secara berlebihan meskipun sebelumnya tidak pernah mengalami alergi tersebut.

 

Gejala-gejala yang Muncul Saat Alergi

  • Bersin-bersin.
  • Batuk-batuk.
  • Sesak napas.
  • Ruam pada kulit.
  • Hidung beringus.
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata.
  • Mata berair.

 

Pencegahan

  • Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luarrumah. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandanghewan peliharaan di sekitar rumah anda.
  • Kebersihan diri juga harus diperhatikan, untuk menghindari tertumpuknyadaki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi. Untuk mandi, haruslah menggunakan air hangat seumur hidup, dan usahakan mandi sore sebelum PK.17.00'. Sabun dan shampoo yang digunakan sebaiknya adalah sabun dan shampoo untukbayi. Dilarang menggunakan cat rambut.
  • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupunparfum, obat-obat anti nyamuk. Jika di rumah terdapat banyak nyamuk, gunakanlah raket anti nyamuk.
  • Gunakankasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk.
  • Gunakansprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan air hangat akan efektif.
  • Hindari menggunakanpakaian dari bahan wool, gunakanlah pakaian dari bahan katun.
  • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.24.00'
  • Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat yang menimbulkan reaksi alergi. Hindari bahan makanan, minuman, maupun obat-obatan tersebut. Harus mematuhi aturan diet 
  • Konsultasikan dengan spesialis. Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita alergi. Mintalahdokter anda untuk melakukan imunoterapi untuk menurunkan kepekaan anda terhadap bahan-bahan pemicu reaksi alergi, misalnya: dengan melakukan suntikan menggunakan ekstrak deburumah atau dengan melakukan imunisasi Baccillus Calmette Guirine (BCG) minimal sebanyak 3 kali (1 kali sebulan) berturut-turut, dan diulang setiap 6 bulan 

Cara paling ampuh dalam mencegah alergi adalah menghindari diri dari substansi pemicunya atau alergen. Tapi jika gejala-gejala alergi terlanjur muncul, ada beberapa obat anti-alergi yang bisa membantu.

baca Selengkapnya

Lancar Asi

  • ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang harusnya tak tergantikan selama 6 bulan pertama kelahiran bayi. ASI menjadi antibodi alami bagi bayi dan memenuhi kebutuhan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

Sayangnya, tak semua ibu memiliki ASI yang berlimpah. Penulis bukuGizi Ibu dan Bayi  yang merupakan Pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Sandra Fikawati mengatakan, ibu hamil harus mempersiapkan sejak awal agar ASI lancar dan berkualitas saat diberikan pada bayi.

Untuk bisa memastikan jumlah ASI yang baik dan mencukupi, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan makanan bergizi yang cukup setiap hari. Makanan dan gizi adalah salah satu faktor penting yang harus dicukupi supaya ASI bisa berlimpah, dan bisa memenuhi kebutuhan makanan bayi setiap hari. Namun ada beberapa makanan tertentu yang sangat mendukung terhadap peningkatan jumlah ASI.

 

Jenis Makanan Yang Memperlancar Asi:

  • Sayuran Hijau dan keluarga Labu:
Sayuran dari keluarga labu, seperti blonceng(labu botol), labu siem, labu kuning, merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya bergizi, sayuran ini juga mudah dicerna oleh usus. Sayuran berhijau daun seperti kacang-kacangan, bayam, dan asparagus juga merupakan sumber mineral, aneka vitamin, serta fitoestrogen, yang diyakini dapat  meningkatkan laktasi.
  • Adas:

Studi telah menemukan bahwa biji adas dapat meningkatkan suplai susu. Beberapa dokter juga mengatakan bahwa, biji adas membantu mencegah kolik pada bayi. Adas kaya akan vitamin C, menyegarkan mulut dan  baik dan membantu pencernaan. Biji adas bisa ditambahkan ke sayuran, atau makanan penutup .

Meskipun tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung makanan berikut, namun banyak ibu-ibu yang bersumpah dan mengatakan bahwa adas sangat membantu meningkatkan pasokan ASI.

  • Jinten Hitam :

Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung. Jinten merupakan sumber zat besi  yang dapat membantu Ibu mendapatkan stamina setelah melahirkan. Walaupun belum ada penelitian uang mendukung, jinten hitam banyak dipercaya dapat meningkatkan ASI.

  • Biji wijen hitam :

Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah susu ibu. Biji ini juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti tembaga.

  • Kemangi :

Kemangi adalah sumber vitamin K.  Selain dapat meningkatkan jumlah ASI, ia juga diyakini memiliki efek menenangkan, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan nafsu makan yang sehat. kemangi bisa dimakan bersama sayuran, atau makanan pokok. Atau Anda juga bisa membuat minuman panas dengan merebus kemangi, dan minum air rebusan dengan ditambahkan madu.

  • Sayuran berwarna merah:

Wortel, ubi jalar dan bit misalnya sangat tinggi mengandung beta  karoten, yang sangat bermanfaat untuk bayi jika Anda menyusuinya dengan ASI. Bit dan ubi jalar juga tinggi zat besi dan akan membantu meningkatkan fungsi hati.

  • Kacang-kacangan :

Kacang Almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang banyak dikatakan membantu meningkatkan air susu ibu. Selain itu, kacang-kacangan dikenal banyak mengandung kalsium dan senyawa asam lemak baik yang penting bagi otak bayi.

  • Daun katuk:

Daun katuk sudah lama dikenal orang untuk meningkatkan ASI. Selain itu, daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Jadi jangan ragu lagi untuk makan daun katuk, karena selain bergizi, sayuran ini juga bisa membuat ASI Ibu menjadi berlimpah dan berkualitas.

  • Pare atau pari:

Walaupun rasanya sangat pahit, ternyata pare juga bagus untuk mengentalkan dan memperbanyak ASI. Selain itu, Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. Namun jangan terlalu banyak makan pare, karena sayur pahit ini banyak dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah.

  • Minyak zaitun:

Minyak seperti minyak zaitun minyak biji rami dan minyak wijen adalah minyak sehat yang diyakini akan membantu ibu menyusui. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, jenis minyak sehat ini bisa meningkatkan energi. Gunakan untuk memasak atau hanya di gerimiskan di atas salad Anda. 

  • Pepaya.

    Buah ini tinggi mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik untuk ibu menyusui, hal ini agar tidak mudah capek, serta dapat meningkatkan jumlah ASI. Bunga pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan Ibu.

    • Bawang putih :

      Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI. Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu.

      • Oat:

      Oat merupakan zat besi, kalsium dan serat, dan populer dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini umumnya dimakan sebagai bubur, dan Anda bisa memilih untuk menambahkan kacang-kacangan, susu , rempah-rempah, atau buah-buahan untuk meningkatkan nilai gizi.

       

      Tips agar ASI berlimpah :

      Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat mendukung kemudahan dalam hal menyusui bayi :

      • Rileks dan hindarilah stres

      Kebiasaan baru momong bayi mungkin bisa membuat Anda stres, karena Anda mungkin menemukan hal-hal yang terasa menyulitkan. Biasakanlah bersyukur atas karunia seorang anak yang sudah Tuhan berikan kepada Anda. Stres diketahui sangat mempengaruhi refleks mengeluarkan susu dan bahkan memproduksi susu, jadi ide yang baik demi bayi Anda adalah dengan mencoba untuk sering bersantai. Cobalah untuk mencari bantuan dalam mengatasi banyak pekerjaan di rumah, apakah itu dari anggota keluarga, memperkerjakan pembantu, dll. Selamat atas kelahiran Bayi Anda!

      • Minum 10-12 gelas air

      Tidak peduli apa yang sudah Anda makan, jika kurang cairan maka tubuh Anda tidak akan mampu menghasilkan ASI yang cukup. Cara yang baik adalah mengimbangi makanan sehat Anda dengan disertai meningkatkan asupan cairan Anda . Anda cukup dengan minum air mineral setiap kali Anda habis menyusui.

      • Istirahat yang cukup

      Jika Anda merasa terlalu lelah, maka tubuh Anda tidak akan memiliki energi untuk dapat memproduksi susu dengan baik. Jadi cobalah untuk mengejar ketinggalan dengan  istirahat dan tidur siang, jika pada malam harinya Anda kurang tidur.

      • Hidup sehat

      Jangan sampai Ibu kelaparan, atau makan makanan yang kurang bergizi. Pastikan Ibu  telah melaksanakan diet kehamilan yang sehat, dengan cukup makan-makanan bergizi. Selain itu, jauhi kebiasaan buruk yang tidak sehat. Usahakan selalu berada di lingkungan yang bersih dari polusi, dan selalu berada pada kawasan bebas asap rokok.

      • Menyusui bayi secara teratur

      Pada awal menyusui mungkin seperti terasa sulit, bahkan merasa kesakitan karena puting merasa sakit. Namun jika Anda menyerah dan menggantinya dengan susu formula, maka akan selamanya Anda tidak bisa memproduksi ASI dengan baik. Sebaliknya, jika Ibu selalu rajin menyusui, maka jumlah ASI pun otomatis akan meningkat. Jangan emosi apalagi stres saat menyusui ketika bayi rewel, karena hal itu tak baik dan dapat menghambat produksi ASI.

       

      baca Selengkapnya

      Influenza

      INFLUENZA

      Influenza atau yang lebih populer dikenal dengan flu atau pilek, adalah penyakit yang sangat mudah menular. Hal ini karena pilek disebabkan karena infeksi oleh virus influenza. Flu pada umumnya akan mempengaruhi  hidung, telinga, mata ,tenggorokan, dan menyebar ke paru-paru dan saluran pernapasan (menyebabkan batuk). Rasa demam pada penderita flu adalah karena reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus influenza. Demam, sakit kepala dan nyeri otot yang parah adalah gejala awal umum influenza

      Flu biasanya lebih mudah menyerang terhadap orang yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. hal ini bisa diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, ketegangan dan stres, beban kerja yang berlebihan, kurang olahraga yang tepat, tinggal di kamar pengap dan sering kurang tidur. Tidak ada obat yang tepat untuk menyembuhkan flu, hanya saja pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk meringankan gejalanya.

      Ketahui, perlukah mengatasi gejala flu

      Percaya atau tidak, diantara gejala-gejala flu yang menurut anda menganggu sebenarnya merupakan proses penyembuhan alami dan tidak perlu diobati, bahkan itu merupakan bukti bahwa system kekebalan tubuh sedang melawan penyakit. Gejala yang dimaksud antara lain :

      1. Demam adalah cara tubuh untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas dari normal agara virus tidak betah, selain itu, tubuh yang panas akan membuat protein dan sel-sel daya tahan tubuh membunuh kuman dalam darah menjadi lebih cepat beredar dan bekerja lebih efektif. Jadi jika demam yang ringan-sedang dipertahankan satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.
      2. Batuk, gejala ini akan membersihkan saluran pernafasan dari lender tebal yang dapat membawa kuman ke paru-paru dan seluruh tubuh.
      3. Pilek dan hidung tersumbat, hal ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sekresipun meningkat (pembuluh lender). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari tubuh

      Cara alami mengatasi batuk dan pilek :

      1. Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung

      Hidung yang tersebumbat merupakan sebuah penyiksaan yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung Anda mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan hembuskan angin kuat-kuat darilubang hidung satunya, dan lakukan ini secara bergantian sehingga lender yang menyumbat dapat keluar. Namun hati-hati ketika melakukannya, ya. Hembusan yang terlalu kuat akan menyakiti hidung Anda.

      1. Minuman Air Hangat

      Ketika flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air. Air yang Anda konsumsi ini sebaiknya bersuhu hangat atau sedikit panas karena cairan hangat dapat mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

      1. Berkumur

      Selain hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah Anda berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, jahe, kunyit, cuka apel, atau kencur. Lakukan setidaknya empat kali sehari, maka tenggorokan akan terasa lebih ringan.

      1. Aroma Mentol

      Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang akan terasa sedikit panas, namun mentol sangat membantu untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

      1. Konsumsi Cabai

      Capsaicin, sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

      1. Teh, Jus Jahe dan Madu

      Ambil ½ sendok teh jus jahe dengan ½ sendok teh madu, minum tiga kali sehari. .

      1. Bubuk Kunyit dan Madu

      Tambahkan 1-2 gram bubuk kunyit yang telah disangrai dengan madu. Minum tiga kali sehari. Resep ini berguna untuk meredakan batuk.

      1. Minyak kayu putih, pinus Lavender

      Tambahkan 5-10 tetes minyak kayu putih, peppermint, pinus, lavender, dan minyak pohon teh ke dalam mangkuk. Hirup uap dari mangkuk dalam-dalam.

      1. Air Hangat dan Vick VapoRub

      Ambil satu baskom air panas dan campur dengan Vick VapoRub kemudian hirup uapnya. Cara ini akan meringankan flu.

      1. Jus Anggur dan Madu

      Secangkir jus anggur dicampur dengan madu akan membantu meringankan batuk.

       

      Beberapa cara untuk mencegah keparahan gejala pilek dan flu antara lain:

      1. Begitu merasakan gejala awal

      1.Mulai memperbanyak minum air putih atau jus : Minum lebih banyak air atau jus dapat untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat

      1. Berkumur dengan air garam: Untuk meredakan tenggorokan gatal tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Garam dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan.
      2. Pastikan hidung bersih dan tidak mampet : Bersihkan selalu hidung dari lendir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hal tersebut dapat mencegah perkembangan gejala lebih lanjut. Sebaiknya juga mandi dengan air hangat.
      3. Dalam dua jam pertama :Tidak harus mengonsumsi obat yang dijual bebas bisa juga madu. Madu dapat berguna untuk meredakan gejala pilek, konsumsi 1 sampai 2 sendok makan madu secara langsung atau dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Sehingga tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Air jahe dan sup hangat juga banyak membantu.
      4. Selama enam jam berikutnya : Lebih banyak beristirahat: Tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik jika tubuh telah beristirahat dengan cukup. Untuk menjaga dari berbagi kuman, maka cuci tangan secara teratur.Terus menyeimbangkan asupan cairan : Terus minum banyak air, jus, teh, atau dapat dengan makan sup ayam untuk makan siang.Melakukan latihan fisik ringan : Latihan fisik ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
      5. Sehari setelahnya : Diet sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah menu makan malam dengan makanan yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian tidur dengan kulitas yang baik dan waktu yang cukup.
      6. Hindari obat batuk pilek pada bayi : FDA, badan obat-obatan amerika serikat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan statement tentang menghindari obat-obatan khususnya bagi anak berusia 2 tahun kebawah. Memang publikasi dan promosi obat-obatan kimia tentang penggunaan obat batuk, pilek, demam atau yang dikenal common cold ini sangat gencar.

      Selain cara-cara diatas anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal yang berguna untuk mencegah dan mengobati batuk dan pilek. Obat-obatan herbal tidak berbahaya karena tiak mengandung bahan-bahan yang mempunyai efek buruk pada tubuh. Obat-obatan herbal terbuat dari bahan alami sehingga baik untuk tubuh. Beberapa jenis obat-obatan herbal untuk batuk dan pilek adalah:

      1. Hiu fitogura flu dan batuk
      2. Madu flu batuk al wadey
      3. Madu flu batuk almabruuk
      4. Syifa kids fluba
      5. Madu flek dan batuk
      6. Madu batuk flu propolis n mind
      7. Madu gurah an naba
      8. Madu flu
      9. Ath-thoifah protuk
      10. Guranatur
      11. Herbamed bronchina
      12. Madu albi guraa
      13. Madu raja
      14. Walad propolis
      15. Madu as salamah stamina
      16. Madu mint
      17. Obahama vicomas
      18. Madu al-mu’alij
      19. Bioterra silver
      20. Albigura junior
      21. Madu herbal gurah fluba annabawy
      22. Madu anak plus-plus
      23. Madu hutan golden annabawy
      24. Kapsul gurah 60 naturafit
      25. Propolis diamond
      26. Habbasy 70 aljazira
      27. Tasnin kidsna
      28. Herbamed bodinafit
      29. Madu alghuroba sambiloto

       

      baca Selengkapnya

      Masalah Kesuburan

      Kesuburan 

      Kesuburan pada rahim adalah hal penting dalam rumah tangga agar dapat mempunyai keturunan. Namun tidak sedikit wanita yang mempunyai tingkat kesuburan rendah dalam rahim, sehingga saat sel sperma yang masuk ke dalam rahim untuk membuahi sel telur tidak berhasil karena kurangnya kesuburan rahim. Banyak penyebak kurangnya kesuburan pada wanita seperti menoupouse dini, kerusakan pada saluran telur (tuba), sindrom ovarium polikistik (PCOS), ovarium jaringan perut, masalah tiroid, gaya hidup, kurangnya kesuburan kedua pasangan, kelainan pada rahim, dan bisa juga karena bekas operasi.

      Penyebab sulit hamil pada wanita

      Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul, Sudah hamil belum?, atau sudah ada isi belum?, atau sudah punya momongan belum ? atau sudah berapa lama menikah nih, kok belum juga hamil ?. Semua pertanyaan yang kadang sering dilontarkan oleh sahabat atau orang terdekat kita yang terkadang membuat diri kita merasa risih bahkan kadang bisa menimbulkan rasa jengkel dan membuat rasa bersalah bagi wanita yang sudah lama menikah namun belum juga hamil. Ketidak suburan atau istilahnya infertilitas adalah suatu kondisi ketidak mampuan wanita yang sudah menikah untuk hamil setelah melakukan hubungan seksual secara teratur selama 1 tahun, atau 6 bulan pada wanita berusia > 35). Wanita menikah yang telah hamil, namun kehamilannya tidak bisa bertahan, juga bisa dikatakan infertil (tidak subur). Dari banyak kasus diketahui bahwa penyebab dari infertilitas atau ketidak suburban adalah dikarenakan adanya gangguan atau terjadi permasalahan pada proses pembuahan. Salah satu tanda atau ciri dari ovulasi atau pembuahan yang tidak normal adalah sering ditemukan pada siklus menstruasi yang tidak teratur atau tanpa adanya menstruasi. Gangguan pada proses ovulasi tersebut sering disebabkan oleh polycystic ovarian syndrome (PCOS), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon. Selain itu, juga dapat disebabkan oleh primary ovarian insufficiency (POI) yang terjadi ketika indung telur tidak berfungsi sebelum berusia 40 tahun. Diantara sebab lainnya, antara lain: tuba falopi mengalami penyumbatan akibat penyakit radang panggul (pelvik), endometriosis, atau operasi pada kehamilan ektopik; kelainan pada uterus dan adanya benjolan jinak yang berisi gumpalan jaringan atau otot pada dinding uterus (uterine fibroid).

      Makanan penyubur kandungan

      Kesuburan pria atau wanita sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan adalah makanan, disamping faktor-faktor laiinya. Makanan atau pola makan untuk meningkatka kesuburan termasuk faktor terpenting dalam merencanakan program kehamilan.

      Bagi anda yang inigin segera mendapatkan kehamilan, jangan lupa mengkonsumsi beberapa jenis makanan penyubur kandungan. Makanan-makanan yang mempengaruhi kehamilan adalah sebagai berikut :

      1. Nanas

      Kandungan mineral dalam nanas yang tinggi seperti mangan ini dapat meningkatkan kesuburan terhadap seseorang.

      1. Bawang merah

      Salah satu bumbu dapur ini memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi kesuburan. Adapun caranya cukup konsumsi bawang merah yang dicampurkan dengan air minum yang memiliki kandungan  atau dosis 1000mg/kg  berat badan untuk setiap hari hingga 3 bulan lamanya.

      1. Madu

      Madu sangat efektik untyk mengobati berbagai masalah baik kecantikan, kesehatan hingga kehamilan. Madu sebagai makanan penyubur sudah dikenal sejak zaman mesir kuno.  Madu dapat bermanfaat sebagi makanan yang bias membantu proses kehamilan karena bias membantu produksi hormone seks untuk mempercepat kehamilan.

      1. Tiram

      Tiram memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dibutuhkan untuk pertumuhan dan perkembangan janin didalam kandungan. Tak hanya itu saja, kandungan laiinya yang terdapat dalam tirm sangat membantu untuk memproduksi hormone seks.

      1. Sayuran yang mengandung pigmen

      Sayuran yang mengandung pigmen yaitu sayuran yang berwarna kuning atau merah, seperti labu, skuas atau wortel. Jenis sayuran ini memiliki kandungan beta karoten yang sangat tinggi serta kaya vitamin A. Kandungan vitamin A sanagt penting untuk kesehatan organ reproduksi dan juga menyehatkan mata serta otak.

      1. Makanan sumber vitamin C

      Kandungan vitamin C yang terdapat dalam makanan sangat membantu menyehatkan sperma dan juga dapat meminimalisir terjadinya penggumpalan pada sperma.

      1. Makanan yang mengandung protein

      Jenis tanaman yang dimasukkan sebagai makanan penyubur agar cepat hamil antara lain kacang, kacang polong dan kacang tanah. Kacang juga mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan kesuburan. 

           8.Telur :  bahan makanan sederhana ini mengandung protein dan lemak, dan juga omega 3 yang diperlukan dalam pembentukan hormon kewanitaan, seperti estrogen dan progesteron.

           9. Ikan salmon : Ikan ini dimasukkan dalam daftar makanan penyubur agar cepat hamil karena mengandung asam omega 3 yang membantu produksi hormon.

           10. Cabe : Bukan rahasia bahwa makanan yang pedas atau mengandung cabe merah akan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh sehingga bisa memastikan sistem reproduksi mendapatkan supply yang memadai. Cabe yang merupakan salah satu makanan penyubur agar cepat hamil juga merangsang produksi endoprhin. Hormon endhorpin sendiri dihubungkan dengan pelepasan stres sehingga akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan pembuahan sehingga kita cepat hamil.

       

      Herbal untuk penyubur kandungan

      Indonesia kaya akan beraneka ragam tumbuhan, termasuk tumbuhan herbal dan jamu-jamuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jadi mengapa tidak mencoba menggunakan resep obat kesuburan  dengan ramuan tradisional warisan nenek moyang kita?

      Obat-obatan tradisioanl tidak memiliki efek yang buruk untuk tubuh, tanaman herbal merupakan tanaman obat multifungsi karena satu tanaman tidak hanya dapat mengobati satu jenis penyakit saja, namun dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Dewasa ini sudah banyak yang melakukan penelitian tentang kandungan tanaman herbal, jadi tidak diragukan lagi khasiat dan manfaat tanaman herbal karena sudah teruji secara klinis.

      Beberapa jenis obat herbal untuk penyubur kandungan adalah sebagai berikut :

      1. Madu penyubur kandungan al mabruroh
      2. Madu penyubur kandungan medistana
      3. Madu penyubur kandungan at thoifah
      4. Madu sabur kandungan kharisma
      5. Gen subur naturafit
      6. Subur max
      7. Madu subur kandungan
      8. Madu subur x
      9. Subur kand 1 albiruni
      10. Madu kesuburan an naba
      11. Pucuk daun kurma
      12. Madu penyubur pria medistana
      13. Madu penyubur pria bidawod
      baca Selengkapnya

      Penyakit Sinusitis

      Sinusitis adalah suatu peradangan pada rongga sinus yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur. Sinusitis bisa bersifat akut (berlangsung selama 3 minggu atau kurang) maupun kronis (berlangsung selama 3-8 minggu tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun).
      Sinusitis Akut
      Sinusitis akut menyebabkan rongga nafas menjadi bengkak dan meradang. Ini membuat pengeringan dan menyebabkan terbentuknya lendir. Kondisi ini juga biasa disebut acute rhinosinusitis.
      Penderita sinusitis akut, akan sulit untuk bernapas menggunakan hidung. Area disekitar mata dan wajah mungkin akan membengkak, dan anda dapat merasakan sakit berupa denyutan pada wajah atau sakit kepala.
      Sinusitis akut paling sering disebabkan oleh flu. Pemicu lain antara lain bakteri, alergi dan infeksi jamur. Pengobatan sinusitis akut ini didasarkan pada penyebabnya. Pada banyak kasus, pengobatan di rumah adalah yang dibutuhkan. Bagaimanapun, sinusitis yang bertahan lama dapat menyebabkan infeksi serius dan komplikasi lainnya. Sinusitis yang berakhir lebih dari delapan minggu, atau datang lagi setelah sembuh, diketahui sebagai sinusitis kronis.

       

       Gejala pada sinusitis adalah:

      • Sakit kepala
      • Demamdengan suhu 38°Celcius atau lebih
      • Hidung tersumbat atau berair
      • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
      • Kehilangan indera penciuman
      • Batuk-batuk

       

      Letak Sinus Pada Bagian Tubuh Manusia

      • Sinus membuka lubang pada hidung dan membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.Terdapat empat pasang sinus di kerangka kepala manusia yaitu di belakang dahi, di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata, serta di belakang tulang pipi.
      • Lendir atau mukosa yang dihasilkan oleh sinus mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

       

      Penyebab

      Ketika anda terkena sinusitis, membran selaput lendir pada hidung dan tenggorokan (sistem pernapasan atas) menjadi membengkak. Pembengkakan ini menghalangi pembukaan jalan napas dan mencegah selaput lendir bekerja secara normal, menyebabkan sakit pada wajah dan gejala sinusitis lainnya.
      Terhalangnya jalan napas menyebabkan lingkungan basah pada jalan napas yang membuatnya lebih mudah terinfeksi. Jalan napas yang terinfeksi dan tidak dapat basah secara normal akan menjadi bernanah, menyebabkan gejala dengan lendir yang tebal, kuning atau kehijauan dan gejala infeksi lainnya.

       

      Sinusitis akut dapat disebabkan oleh:

      • Infeksi virus. Banyak kasus dari sinusitis akut disebabkan oleh pilek.
      • Infeksi bakteri. Ketika saluran pernapasan atas terinfeksi berlangsung lama dari 7 sampai 10 hari, hal tersebut lebih disebabkan infeksi bakteri daripada infeksi virus.
      • Infeksi jamur. Anda mengalami peningkatan risiko infeksi jamur jika anda memiliki ketidaknormalan saluran napas atau memiliki sistem imun yang lemah.
      • Beberapa kondisi kesehatan dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan sinusitis, atau dapat meningkatkan risiko sinusitis yang tidak disebabkan oleh infeksi. Kondisi itu adalah:
      • Alergi seperti halnya demam. Peradangan yang terjadi dengan alergi dapat menyumbat saluran pernapasan.
      • Polip atau tumor. Pertumbuhan jaringan ini dapat menyumbat jalan napas atau sinus.
      • Penyimpangan pada sekat di saluran pernapasan. Sekat bengkok – dinding di antara hidung – dapat membatasi atau menyumbat jalan napas.
      • Infeksi gigi. Sebagian kecil kasus sinusitis akut dikarenakan infeksi gigi.
      • Membesarnya atau terinfeksinya Adenoid pada anak-anak. Adenoid terdapat di sebelah atas bagian belakang tenggorokan.
      • Kondisi medis lain. Komplikasi dari cystic fibrosis, gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kekacauan sistem imun dapat menyebabkan penyumbatan sinus atau meningkatkan risiko infeksi.
      • Faktor risiko
      • Anda memiliki peningkatan risiko mengalami sinusitis jika anda memiliki:
      • Demam atau kondisi alergi lain yang dapat berefek pada sinus anda
      • Ketidaknormalan jalan napas, seperti penyimpangan sekat di saluran pernapasan, polip atau tumor
      • Kondisi medis seperti cystic fibrosis, gaestroesophageal reflux disease (GERD), atau kekacauan sistem imun seperti immunoglobulin atau kekurangan vitamin antibodi
      • Terkena polutan secara rutin seperti asap rokok


      Sinusitis Kronis


      Pada sinusitis kronis, rongga di sekitar jalan napas (sinus) mengalami peradangan dan pembengkakan. Ini turut disertai terbentuknya lendir. Kondisi ini umumnya juga disebut rhinosinusitis kronis.
      Sinusitis kronis mungkin disebabkan oleh infeksi tapi juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan sinus yang tidak normal (polip) atau menyimpangnya sekat pada saluran pernapasan (nasal). Sinusitis kronis adalah sinusitis yang menyerang lebih dari 8 minggu atau akan dapat kembali lagi setelah hilang.

       

      Pemeriksaan Sinusitis

      Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan pada riwayat keluhan pasien serta pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter.

      • Pemeriksaan Fisik : Pada pemeriksaan fisik akan ditemukan adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi. Rhinoskopi adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke rongga hidung, diperlukan guna melihat lokasi sumbatan ostia. Terkadang diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk dilakukan pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi.
      • Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI : Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI akan diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

       

      Pengobatan: 

      1. Sinusitis karena virus

      Untuk sinusitis yang disebabkan oleh karena virus tidak diperlukan pemberian antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri sepertiparasetamol dan dekongestan.

      1. Sinusitis karena bakteri

      Curiga telah terjadi sinusitis infeksi oleh bakteri apabila terdapat gejala nyeri pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama.

      Lima jenis bakteri yang paling sering menginfeksi sinus adalah ''Streptococcus pneumoniae''''Haemophilus influenzae''''Moraxella catarrhalis''''Staphylococcus aureus'', dan''Streptococcus pyogenes''.

      Antibiotika yang dipilih harus dapat membunuh kelima jenis kuman ini. Beberapa pilihan antiobiotika seperti amoxicillincefaclorazithromycin, dan cotrimoxazole. Jika tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pemberian antibiotika dianjurkan minimal 10 sampai 14 hari.

      Pemberian dekongestan dan mukolitik dapat membantu untuk melancarkan drainase cairan mukus. Pada kasus kasus yang kronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan.

       

      baca Selengkapnya

      Penyakit Wasir.

      Penyakit Wasir

       

      asir sangat menyakitkan, namun wasir umumnya dapat sembuh dengan rutin melakukan pengobatan dan pencegahan. Wasir yang terlambat ditangani atau diobati pastinya akan membuat wasir menjadi lebih membengkak, iritasi dan infeksi.

      Karena penyakit wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menyakitkan yang akan memunculkan rasa sakit saat buang air besar, maka sebaiknya Anda menangani penyakit wasir ini dari dini. Penyakit wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang kambuhan. Penyakit ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri dan perih yang akan kambuh jika penyebabnya tidak dihindari dan tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

      Penyakit ambeien terjadi akibat dari pembengkakan pada pembuluh darah di anus yang mengalami pelebaran sehingga menyebabkan aliran darah terhambat untuk menuju ke jantung. Proses pelebaran pada pembuuh darah ini kemudian akan menutupi selaout lendir, kulit serta jaringan ikat atau juga otot-otot polos yang lambat laun akan menyebabkan terjadinya pembengkakan dan akan menimbulkam benjolan atau tonjolan. Kemudian tonjolan inilah yang akan menyebabkan kotoran saat buang air besar mengalami hambatan untuk keluar. Jika kotoran ini keras dan sulit untuk dikeluarkan yang menyebabkan saat kita buang air besar dengan mengedan terlalu kuat akan membuat terjadinya pendarahan karena tonjolan atau benjolan tadi akan mengalami luka dan bisa menyebabkan munculnya pendarahan akan menimbulkan rasa nyeri disaat buang air besar.

      Penyakit Wasir dibedakan menjadi 2 Jenis: 

      • Eksternal 

      Jika tidak terkena trombosis, wasir eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah.Namun, jika terkena trombosis, wasir dapat sangat menyakitkan.Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari.Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang.Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh.Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.

      • Internal

      Wasir internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar.Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

      Penyakit wasir terbagi menjadi empat stadium :

      • Stadium 1 merupakan penyakit wasir yang terjadi dengan munculnya tonjolan yang masih kecil dan belum keluar. Gejalanya adalah darah yang menetes setiap Anda selesai buang air besar.
      • Stadium 2 : tonjolan yang sudah keluar namun ukurannya sedang. Gejalanya muncul jika selesai buang air besar, dan tonjollannya keluar namun setelah itu masuk kembali dengan sendirinya.
      • Stadium 3 : ukuran dari tonjolan yang keluar tadi lebih besar dan gejalanya dirasakan setelah buang air besar. Tonjolan ini memerlukan bantuan tangan untuk membantu memasukkannya lagi.
      • Stadium 4 : tonjolan ini besarnya bisa sampai seukurana bola tenis. Dan tonjolan ini tidak bisa masuk walaupun sudah didorong dan cara mengobati wasir untuk stadium ini adalah dengan melakukan operasi.

      Penyebab Wasir: 

      • Penyebab sesungguhnya dari wasir yang bergejala tidak diketahui dengan jelas.Sejumlah faktor dipercaya turut berperan termasuk: kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare), kurang olah raga, faktor nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan, ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan), genetik, tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid, dan usia lanjut. Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk obesitas, duduk dalam jangka waktu lama, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul. Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini. Selama kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen.Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan.

      Pencegahan

      • Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk menghindari mengejan ketika buang air besar, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga.Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.
      baca Selengkapnya