Influenza

INFLUENZA

Influenza atau yang lebih populer dikenal dengan flu atau pilek, adalah penyakit yang sangat mudah menular. Hal ini karena pilek disebabkan karena infeksi oleh virus influenza. Flu pada umumnya akan mempengaruhi  hidung, telinga, mata ,tenggorokan, dan menyebar ke paru-paru dan saluran pernapasan (menyebabkan batuk). Rasa demam pada penderita flu adalah karena reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus influenza. Demam, sakit kepala dan nyeri otot yang parah adalah gejala awal umum influenza

Flu biasanya lebih mudah menyerang terhadap orang yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. hal ini bisa diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, ketegangan dan stres, beban kerja yang berlebihan, kurang olahraga yang tepat, tinggal di kamar pengap dan sering kurang tidur. Tidak ada obat yang tepat untuk menyembuhkan flu, hanya saja pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk meringankan gejalanya.

Ketahui, perlukah mengatasi gejala flu

Percaya atau tidak, diantara gejala-gejala flu yang menurut anda menganggu sebenarnya merupakan proses penyembuhan alami dan tidak perlu diobati, bahkan itu merupakan bukti bahwa system kekebalan tubuh sedang melawan penyakit. Gejala yang dimaksud antara lain :

  1. Demam adalah cara tubuh untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas dari normal agara virus tidak betah, selain itu, tubuh yang panas akan membuat protein dan sel-sel daya tahan tubuh membunuh kuman dalam darah menjadi lebih cepat beredar dan bekerja lebih efektif. Jadi jika demam yang ringan-sedang dipertahankan satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.
  2. Batuk, gejala ini akan membersihkan saluran pernafasan dari lender tebal yang dapat membawa kuman ke paru-paru dan seluruh tubuh.
  3. Pilek dan hidung tersumbat, hal ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sekresipun meningkat (pembuluh lender). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari tubuh

Cara alami mengatasi batuk dan pilek :

  1. Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung

Hidung yang tersebumbat merupakan sebuah penyiksaan yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung Anda mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan hembuskan angin kuat-kuat darilubang hidung satunya, dan lakukan ini secara bergantian sehingga lender yang menyumbat dapat keluar. Namun hati-hati ketika melakukannya, ya. Hembusan yang terlalu kuat akan menyakiti hidung Anda.

  1. Minuman Air Hangat

Ketika flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air. Air yang Anda konsumsi ini sebaiknya bersuhu hangat atau sedikit panas karena cairan hangat dapat mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

  1. Berkumur

Selain hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah Anda berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, jahe, kunyit, cuka apel, atau kencur. Lakukan setidaknya empat kali sehari, maka tenggorokan akan terasa lebih ringan.

  1. Aroma Mentol

Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang akan terasa sedikit panas, namun mentol sangat membantu untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

  1. Konsumsi Cabai

Capsaicin, sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

  1. Teh, Jus Jahe dan Madu

Ambil ½ sendok teh jus jahe dengan ½ sendok teh madu, minum tiga kali sehari. .

  1. Bubuk Kunyit dan Madu

Tambahkan 1-2 gram bubuk kunyit yang telah disangrai dengan madu. Minum tiga kali sehari. Resep ini berguna untuk meredakan batuk.

  1. Minyak kayu putih, pinus Lavender

Tambahkan 5-10 tetes minyak kayu putih, peppermint, pinus, lavender, dan minyak pohon teh ke dalam mangkuk. Hirup uap dari mangkuk dalam-dalam.

  1. Air Hangat dan Vick VapoRub

Ambil satu baskom air panas dan campur dengan Vick VapoRub kemudian hirup uapnya. Cara ini akan meringankan flu.

  1. Jus Anggur dan Madu

Secangkir jus anggur dicampur dengan madu akan membantu meringankan batuk.

 

Beberapa cara untuk mencegah keparahan gejala pilek dan flu antara lain:

  1. Begitu merasakan gejala awal

1.Mulai memperbanyak minum air putih atau jus : Minum lebih banyak air atau jus dapat untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat

  1. Berkumur dengan air garam: Untuk meredakan tenggorokan gatal tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Garam dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan.
  2. Pastikan hidung bersih dan tidak mampet : Bersihkan selalu hidung dari lendir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hal tersebut dapat mencegah perkembangan gejala lebih lanjut. Sebaiknya juga mandi dengan air hangat.
  3. Dalam dua jam pertama :Tidak harus mengonsumsi obat yang dijual bebas bisa juga madu. Madu dapat berguna untuk meredakan gejala pilek, konsumsi 1 sampai 2 sendok makan madu secara langsung atau dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Sehingga tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Air jahe dan sup hangat juga banyak membantu.
  4. Selama enam jam berikutnya : Lebih banyak beristirahat: Tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik jika tubuh telah beristirahat dengan cukup. Untuk menjaga dari berbagi kuman, maka cuci tangan secara teratur.Terus menyeimbangkan asupan cairan : Terus minum banyak air, jus, teh, atau dapat dengan makan sup ayam untuk makan siang.Melakukan latihan fisik ringan : Latihan fisik ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Sehari setelahnya : Diet sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah menu makan malam dengan makanan yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian tidur dengan kulitas yang baik dan waktu yang cukup.
  6. Hindari obat batuk pilek pada bayi : FDA, badan obat-obatan amerika serikat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan statement tentang menghindari obat-obatan khususnya bagi anak berusia 2 tahun kebawah. Memang publikasi dan promosi obat-obatan kimia tentang penggunaan obat batuk, pilek, demam atau yang dikenal common cold ini sangat gencar.

Selain cara-cara diatas anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal yang berguna untuk mencegah dan mengobati batuk dan pilek. Obat-obatan herbal tidak berbahaya karena tiak mengandung bahan-bahan yang mempunyai efek buruk pada tubuh. Obat-obatan herbal terbuat dari bahan alami sehingga baik untuk tubuh. Beberapa jenis obat-obatan herbal untuk batuk dan pilek adalah:

  1. Hiu fitogura flu dan batuk
  2. Madu flu batuk al wadey
  3. Madu flu batuk almabruuk
  4. Syifa kids fluba
  5. Madu flek dan batuk
  6. Madu batuk flu propolis n mind
  7. Madu gurah an naba
  8. Madu flu
  9. Ath-thoifah protuk
  10. Guranatur
  11. Herbamed bronchina
  12. Madu albi guraa
  13. Madu raja
  14. Walad propolis
  15. Madu as salamah stamina
  16. Madu mint
  17. Obahama vicomas
  18. Madu al-mu’alij
  19. Bioterra silver
  20. Albigura junior
  21. Madu herbal gurah fluba annabawy
  22. Madu anak plus-plus
  23. Madu hutan golden annabawy
  24. Kapsul gurah 60 naturafit
  25. Propolis diamond
  26. Habbasy 70 aljazira
  27. Tasnin kidsna
  28. Herbamed bodinafit
  29. Madu alghuroba sambiloto

 

online istana