Manfaat Daun Sirsak & Buah Sirsak

Buah Sirsak

 

Sirsak (Anona muricata) adalah tanaman asli Karibia dan Amerika Tengah. Buah ini adalah salah satu buah yang pertama kali diperkenalkan ke seluruh dunia setelah Colombus menemukan benua Amerika. Segera setelah itu, orang Spanyol membawanya ke Filipina dan menyebarkan ke sebagian besar negara tropis, termasuk Indonesia.

 

Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda zuursak. Kata zuur berarti asam,zak berarti kantong. Di Sumatra Barat dan Malaysia, sirsak disebut “durian Belanda”. Di Indonesia Timur, orang menyebutnya “nangka Belanda”.

 

Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak terdiri ari 67% daging buah. Daging buah merupakan bagiam buah yang dapat dimakan. Dua puluh persen dari total berat buah adalah bagian kulit, 8,5% biji dan 4,5% bagian tengah buah. Bagian terbesar dari buah adalah kandungan air yang mencapai 82% dari seluruh bagian daging buah.  Kandungan Karbohidrat sekitar 16% yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Buah sirsak juga mengandung zat besi, fosfor, dan kalsium. Sedangkan vitamin yang terkandung adalah vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin paling dominan adalah vitamin C. Vitamin C dalam sirsak berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk peningkat daya tahan tubuh. Sudah diketahui bahwa vitamin C mampu memperlambat proses penuaan, menjadi awet muda.  Senyawa-senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah sirsak diantaranya, annonain, acetaldehyde, muricine, muricinine, tannin, ananol, anomurine.

Buah sirsak mengadung serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk membantu psoses pencernaan. Serat ini mampu menghambat timbulnya penyakit-penyakit dalam usus atau saluran pencernaan. Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya buah sirsak dinyakini dapat mengobati penyakit, disentri, osteoporosis,obat asam urat, demam, diabetes dan batu empedu

Rasa asam-manis sirsak yang khas membuatnya menjadi buah favorit untuk aneka jus dan minuman. Rasa asam sirsak berasal dari asam organik, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

 

Daun Sirsak 

 

Daun sirsak  memilki lebar 3 -7 cm dan panjang antara 6 – 18 cm. Daun yang tua berwana hijau tua dan yang muda berwarna hijau kekuningan. Seperti juga buahnya, daun sirsak mengandung berbagai zat aktif yang berkhasiat untuk pengobatan atau penyembuhan beragam penyakit. Senyawa yang dimilikinya adalah annocatilin, annohexocin, annonacin, annomiricin.

Sudah sejak lama suku asli hutan Amazon, Amerika memanfaatkan daun sirsak sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit yang dapat disembuhkan antara lain: lever (penyakit hati), kejang, batuk, rematik, radang sendi dan rasa nyeri pada sel saraf (neuralgia). Karenanya mereka senyebut pohon sirsak sebagai “pohon ajaib”. Secara tradisional daun sirsak digunakan di berbagai negara untuk pengobatan penyakit yang berbeda.

 

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

  1.  Mengobati ambeien – Resepnya dengan seduhan sirsak bebas yang kemudian air rebusannya diminum.
  2.  Mengobati asam urat - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 6 hingga 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air. Lalu, minum air rebusan tersebut.
  3.  Mengobati asma - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 7 lembar daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rangrang. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.
  4.  Manfaat daun sirsak untuk Mengobati kanker - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga tereduksi menjadi  1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut, khasiat dan manfaat daun binahong.
  5.  Mengobati sakit pinggang- Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air hingga tereduksi menjadi  3 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut.
  6.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati infeksi - Resepnya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 4 hingga 5  lembar daun sirsak dengan 4 gelas air hingga tereduksi menjadi  1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut.