Susu Kambing

 SUSU KAMBING

Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing pun biasanya dikonsumsi sekadarnya saja, atau lebih karena susu ini dianggap mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

kambing peranakan etawah memiliki komposisi susu yang teridi atas kadar protein 3,6%, lemak 6,17%, bahan kering 15,49%, dan BKTL 9,32%. Komposisi susu ini dapat dipengaruhi oleh perbedaan pakan dan perbedaan waktu pemerahan. Pemberian pakan yang kaya akan omega -3 dan omega-6 terhadap kambing mampu meningkatkan kandungan omega-3 dan omega-6 pada susu kambing, dan diharapkan adanya kesimbangan rasio omega3:omega6 dalam susu kambing yang bermanfaat untuk kesehatan. Produksi susu kambing tidak nyata dipengaruhi oelah interval pemerahan, namun memiliki kecenderungan bahwa interval 16:8 jam menunjukkan produksi susu yang lebih tinggi.

Manfaat susu kambing sangat luar biasa buat kesehatan, kandungan nutrisi dan mineral susu kambing cukup lengkap. Diantaranya fosfor, kalsium, sodium dan flourin.

- Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Seperti yang Anda ketahui salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara berolahraga. Selain berolahraga tentunya Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti makanan berserat dan makanan yang kaya akan vitamin. Salah satu minuman sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru adalah susu kambing. Susu kambing kaya akan kalsium yang dapat membantu Anda untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko stroke serta menstabilkan tekanan darah.

- Melancarkann Sistem Pencernaan

Pencernaan yang lancar dapat membantu seseorang terhndar dari berbagai macam penyakit pencernaan sepert, konstipasi, sembelit, wasir dan lainnya. Susu kambing memiliki sifat alkali basa yang memiliki peran untuk melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu, mengonsumsi susu kambing secara teratur dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam masalah pada pencernaan.

- Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kambing selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Hal ini tentunya dapat Anda dapatkan jika Anda rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Salah satu minuman yang dapat Anda manfaatkan untuk program diet Anda adalah susu kambing. Kandungan protein dalam susu kambing dapat membantu Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing. Mengonsumsi susu kambing setelah makan adalah pilihan yang tepat, karena dapat mambantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.

-Menguatkan Tulang

Susu kambing kaya akan sumber vitamin dan mineral salah satunya yaitu kalsium. Kandungan kalsium dalam susu kambing memiliki peranan yang cukup besar dalam pembentukan serta penguatan tulang. Sehingga kalsium yang ada pada susu kambing dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin B2 pada susu kambing juga dapat menambah energi. Jika Anda merasa lesu dan letih, mengonsumsi minuman yang satu ini adalah hal yang sangat efektif, dll.